Indonesia-Inggris Tandatangani Lima Nota Kesepahaman

"Kesepakatan itu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dengan PM David Cameron di Inggris"
Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri dan Pejabat Berbincang Usai Mengadakan Pertemuan Dengan PM David Cameron (http://setkab.go.id/)

KLIKPOSITIF - Indonesia dan Inggris tandatangani lima nota kesepahaman. Lima kesepahaman itu yakni MoU Kerja Sama Industri-Industri Kreatif, MoU Kerja Sama Pendidikan Tinggi, MoU Kerja Sama Informasi dan Pengalaman Dalam Menyelenggarakan Event Olahraga Dunia, dan Pengaturan tentang Kerja Sama Kelautan dan Perikanan serta MoU antara PT Garuda dengan Airbus dan Roll Royce.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dengan PM David Cameron di Inggris.Dilansir dari laman setkab, MoU kerja sama informasi penyelenggaraan event olah raga dunia memberikan kerangka untuk berbagi pengalaman dan informasi antara lain dalam strategi dan program untuk memaksimalkan pengembangan perdagangan, meningkatkan peluang bisnis, formulasi perencanaan dan investasi yang diharapkan dapat diperoleh dari penyelenggaraan event olahraga dunia.

Bagi Indonesia berbagi pengalaman dengan Inggris tentang hal itu sangat penting mengingat Inggris pernah menjadi tuan rumah Olimpiade London pada tahun 2012, dan saat ini Indonesia tengah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Di industri kreatif, Pemerintah Indonesia dan Inggris membuka kesempatan untuk kerja sama lebih erat dalam peningkatan kapasitas dan pengembangan keahlian melalui pendidikan dan latihan bagi industri kreatif dengan menekankan pentingnya pengembangan jaringan kota-kota kreatif.

Pada bidang kerja sama pendidikan tinggi yang diharapkan dapat membantu peningkatan pengembangan pendidikan di masing-masing negara, salah satunya dengan menyediakan beasiswa bagi pelajar kedua negara.

Sedangkan pada kerjasama bidang kelautan dan perikanan, Indonesia dan Inggris kerja sama informasi untuk pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) fishing, riset kelautan dan perikanan, konservasi keanekaragaman hayati, sistem manajemen perikanan dan peningkatan kapasitas SDM.

Sedangkan nota kesepahaman kerja sama yang ditandatangani antara ... Baca halaman selanjutnya