Ini Saran Pengusaha Sukses Berdarah Minang untuk Pedagang di Sumbar

"Komisaris Garuda Indonesia itu mengatakan, terdapat perbedaan yang sangat besar antara pedagang dan pengusaha"
Diskusi Peningkatan Tata Kelola BUMD, UMKM Sumatera Barat bersama Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) di Auditorium Gubernuran, Selasa 19 April 2016. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - CEO di 12 unit usaha Trans Crop Donny Oskaria menilai kesulitan pedagang di Sumatera Barat untuk menjadi pengusaha sukses dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber daya manusia, inovasi, serta minimnya branding, jaringan dan permodalan.

“Pedagang tidak hanya sebatas kaki lima, namun harus memikirkan pengembangan-pengembangan agar menjadi pengusaha,” kata pria kelahiran Tanah Datar Sumbar itu usai Diskusi Peningkatan Tata Kelola BUMD, UMKM Sumatera Barat bersama Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) di Auditorium Gubernuran, Selasa 19 April 2016.

Komisaris Garuda Indonesia itu mengatakan, terdapat perbedaan yang sangat besar antara pedagang dan pengusaha, salah satunya dari segi mindset. Menurutnya, pengusaha memiliki mindset jangka panjang ketika membangun sebuah perusahan.

Maka jika ingin menjadi pengusaha sukses, ia melanjutkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan pedagang seperti perubahan mindset, meningkatkan kreativitas, sadar branding dan mampu memahami selera pasar.

Ia menyatakan, sebagian besar pengusaha di Indonesia berasal dari usaha kecil sehingga sudah seharusnya ada kepercayaan diri bahwa pelaku UMKM di Sumbar mampu menjadi pengusaha besar.

“Jadi Dinas Koperasi dan UMKM mesti mengedukasi para pebisnis sehingga menghasilkan para pebisnis yang memiliki kualitas dan keterampilan,” ujarnya.

[Joni Abdul Kasir]