CEO GarudaFood: UMKM Berpotensi Menjadi Perusahaan Besar

"Ide produk yang digagas GarudaFood Group sangat sederhana, yakni berawal dari ketertarikan masyarakat mengonsumsi kacang goreng"
Diskusi Peningkatan Tata Kelola BUMD, UMKM Sumatera Barat bersama Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) di Auditorium Gubernuran, Selasa 19 April 2016. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Chairman GarudaFood Group, Sudhamek, mengatakan industri kecil atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berpotensi menjadi perusahaan yang besar jika dikembangkan dengan kreatif dan berinovasi.

Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) mengatakan, tidak semua perusahan besar yang ada sekarang bisa sukses begitu saja, banyak juga yang bermula dari sebuah industri kecil.

“Dalam pengembangan usaha harus ada inovasi, baik dalam bentuk produksi maupun kemasan,” katanya usai Diskusi Peningkatan Tata Kelola BUMD, UMKM Sumatera Barat bersama Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) di Auditorium Gubernuran, Selasa 19 April 2016.

Ia mencontohkan, ide produk yang digagas GarudaFood Group sangat sederhana, yakni berawal dari ketertarikan masyarakat mengonsumsi kacang goreng. Namun setelah dikemas secara menarik, maka produk itu memiliki nilai jual yang tinggi.

Ia menegaskan, pelaku UMKM harus memperhatikan selera pasar berbarengan dengan memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk.

Menurutnya, selain kreativitas dan inovas, ada bebrapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat UMKM menjadi besar yakni, membentuk kemitraan yang berskala besar dan menciptakan wirausahawan muda.

“Maka pemerintah provinsi harus menyiapkan UMKM dalam bentuk koperasi,” tuturnya.

[Joni Abdul Kasir]