Gubernur Sumbar Serahkan Bantuan Bergulir CDC Telkom

General Manager Telkom Witel Sumbar, Darmawi bersama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memperlihatkan total bantuan untuk UMKM di Sumbar.
General Manager Telkom Witel Sumbar, Darmawi bersama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memperlihatkan total bantuan untuk UMKM di Sumbar. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memasuki triwulan I tahun 2017, Telkom Witel (Wilayah Telekomunikasi) Sumbar terus menunjukan tanggung jawab sosialnya bagi lingkungan dengan memberdayakan UMKM. Berbagai bidang sudah ditangani mulai industri, perbengkelan, jasa, peternakan dan pertanian melalui Program Kemitraan.M

Kali ini, besaran dana yang disalurkan mencapai Rp1.388 miliar dan diberikan kepada 58 mitra binaan dari tujuh Kabupaten/Kota di Sumbar. Dana ini diharapkan mampu meningkatkan dan menggairahkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumbar dan juga berdampak pada pertambahan lapangan kerja.

Persoalan yang paling krusial untuk mengentaskan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah kurangnya keterampilan dan keterbatasan modal. Telkom sebagai perusahaan merah putih yang menyadari tanggung jawab sosialnya, menunjukan keseriusannya dengan Good Corporate Citizenship (GCC) melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan.

Baca Juga

Program Kemitraan dimaksud adalah menggelontorkan dana pinjaman lunak selama dua tahun dengan jasa administrasi hanya 6 persen pertahunnya yang diperuntukan untuk memodali atau menambah modal UMKM setempat.

Sementara, Program Bina Lingkungan diwujudkan dalam bentuk mengadakan pelatihan, bantuan sarana pendidikan, perbaikan dan pembuatan sarana umum dan ibadah, bantuan korban bencana alam dan pembinaan lingkungan hidup.

General Manager Telkom Witel Sumbar, Darmawi saat membeberkan laporan kerja kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Auditorium Istana Gubernuran Sumatera Barat Rabu 29 Maret 2017 ini menyebut, semua program itu adalah bagian dari upaya Telkom menjadi sebuah BUMN yang mampu membantu masyarakat.

Kegiatan yang disupport langsung oleh AM Government Witel Sumbar, Rini Devi Arfida ini juga dihadiri oleh unsur TNI/POLRI, seluruh Kepala Dinas di Jajaran Provinsi Sumbar, 19 Kadis Kominfo Kota dan Kabupaten se-Sumbar serta Seluruh BUMN dan berbagai komunitas yang berjumlah lebih kurang 400 orang.

Lebih lanjut dijelaskan Darmawi, Program Kemitraan ini adalah penyediaan dana bergulir. Artinya, hasil pengembalian akan digulirkan lagi bagi UMKM lain yang membutuhkan. "Oleh karena itu, para mitra binaan harus serius mengembangkan usahanya dan rutin melakukan pembayaran angsurannya," katanya.

Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutanya menyampaikan terimakasih yang tak terhingga pada PT. Telkom Indonesia yang merupakan BUMN paling kuat dan solid saat ini serta sudah rutin setiap triwulan memberikan dana bergulirnya.  

"Yang menarik bagi saya adalah acara ini bisa dikemas jadi satu dan terlaksana dengan baik," tutup Gubernur.

[Welly Adia]

Editor: Agusmanto