Pemerintah Dorong Pemanfaatan Produk Berbasis Karet

"Potensi itu dapat dikembangkan menjadi produk-produk karet yang dapat memenuhi kebutuhan domestik"
Beberapa produk berbasis karet yang dapat dimanfaatkan antara lain ban karet (http://www.kaganga.com/)

KLIKPOSITIF - Pemerintah dorong peningkatan pemanfaatan produk berbasis karet dalam negeri. Hal ini karena Indonesia memiliki potensi luar biasa tentang ini.

"Potensi itu dapat dikembangkan menjadi produk-produk karet yang dapat memenuhi kebutuhan domestik maupun pasar global," ujar Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian, Herman Supriadi di Jakarta, Senin 25 April 2016.

Beberapa produk berbasis karet yang dapat dimanfaatkan antara lain ban karet, sarung tangan karet, conveyor belt, tahanan dermaga, selang karet dan benang karet.

Produk-produk tersebut saat ini diaplikasikan untuk berbagai jenis industri seperti industri otomotif, industri pertambangan, hingga kebutuhan infrastruktur di Indonesia.

Fakta menunjukkan bahwa produsen barang karet dalam negeri telah memiliki kemampuan teknologi untuk memproduksi berbagai produk bernilai tambah tinggi di pasar ekspor.

"Fenomena tersebut merupakan urgensi bagi seluruh stakeholders di dalam negeri untuk berupaya mengembangkan sektor industri karet hilir," tukasnya.

Sebagai produsen karet terbesar setelah Thailand, Indonesia memiliki lahan terbesar yakni 3,56 juta hektare dengan produksi 3,15 juta ton per tahun.

Namun, produktivitas lahan hanya mencapai 994 kilogram per hektare per tahun, masih di bawah Malaysia dan Thailand yang mencapai 1.690 kilogram per hektare per tahun untuk Thailand dan 1.430 kilogram per hektare per tahun untuk Malaysia.

[Fitria]