Dukung UMKM Sumbar, Bank Nagari Akan Salurkan Kredit Bunga Ringan 7 Persen

"Pihaknya telah menargetkan, program ini dapat membuat sejumlah pelaku usaha di Sumbar naik kelas"
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (kiri) (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Rapat umum pemegang saham (RUPS) Bank Nagari telah memutuskan bahwa ke depan Bank Nagari akan mendorong pertumbuhan dan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM melalui kredit ringan.

Pejabat Sementara (Pjs) Dirut Bank Nagari Syafrizal mengakui, bergulirnya program tersebut akan mendukung peningkatan jumlah nasabah Bank Nagari. Secara tidak langsung program itu juga mendukung capaian target Bank Nagari.

"Ini akan mendukung program kita nantinya. Akan semakin banyak nasabah yang dapat dijangkau dengan bunga rendah," sebutnya setelah RUPS Bank Nagari, Senin, 25 April.

Di sisi lain, Gubernur Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, untuk mendukung perkembangan UMKM maka pihaknya melalui Bank Nagari akan menyalurkan kredit peduli ekonomi rakyat (KPER) dimana Pelaku UMKM akan mendapatkan bunga ringan 7 persen untuk kredit produktif.

Ia menilai program ini akan mendukung pertumbuhan UMKM. Pihaknya telah menargetkan, program ini dapat membuat sejumlah pelaku usaha di Sumbar naik kelas, misal dari usaha mikro naik ke usaha skala kecil dan seterusnya.

"Kredit peduli ekonomi rakyat ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Program KPER ini dapat dinikmati masyarakat mulai 1 Mei 2016 mendatang. Bank Nagari akan mempersiapkan persyaratan dan indikator bagi calon debitur yang bisa mendapatkan KPER tersebut.

"Yang pasti usaha tersebut harus visible dan bankable. Karena targetnya pelaku usaha, jadi ini hanya kredit produktif, tidak konsumtif," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]