Pemerintah Dorong Pengadaan Barang dengan E-Katalog

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan M Yani membuka Sosialisasi e-Katalog LKPP di Mercure Hotel, Kamis (6/4)
Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan M Yani membuka Sosialisasi e-Katalog LKPP di Mercure Hotel, Kamis (6/4) (Hijrah Adi Sukrial)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengadaan barang dengan belanja melalui e-katalog dinilai dapat mempercepat penyerapan anggaran pemerintah. Sebab, proses belanja dengan e-katalog prosesnya lebih cepat dan efektif. Untuk itu, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) mendorong agar pemerintah daerah belanja melalui e-katalog.

Hal di atas disampaikan Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, Sarah Sadika di sela-sela acara Sosialisasi E-Katalog LKPP bersama PT Airmas Perkasa (ayooklik.com), Kamis (6/4).

Kata Sarah, presiden menekankan pentingnya belanja di e-katalog. Menurut presiden, dengan belanja di e-katalog, semua bisa melihat dan mengkritisi harga dan prosesnya. Di sisi lain, pembelian barang melalui e-katalog meminimalisir masalah seperti pengadaan di lelang tender .

“Kalau lelang, waktunya panjang dan ada peluang gagal, sedangkan ekatalog, prosesnya singkat, harganya kompetitif,” jelas Sarah.

Baca Juga

LKPP mendorong pemerintah daerah agar berbelanja melalui e-katalog. Dengan berbelanja melalui e-katalog, maka pemerintah akan mendapatkan harga yang kompetitif dan barang yang berkualitas. Salah satu cara yang dilakukan LKPP mendorong perkembangan belanja dengan e-katalog adalah menggandeng toko online yang sudah punya pasar.

Di sisi lain, kata Sarah LKPP juga terus mendorong agar lahirnya e-katalog daerah, yaitu katalog yang dibuat di daerahnya masing-masing. Dengan demikian produk UMKM akan mendapat tempat.

Terkait kerjasama dengan PT Airmas Perkasa, menurut Sarah dilakukan karena PT Airmas Perkasa (ayooklik.com) karena melihat pemerintah lebih sering belanja barang dibanding konstruksi, dan salah satu barang yang paling banyak dibutuhkan adalah komputer, software dan printer.

General Manager PT Air Mas Perkasa (Ayooklik.com), Rudy Hartono menjelaskan, ayooklik.com memiliki pengalaman di bidang pengadaan barang/jasa pemerintahan sejak tahun 2008.

Rudy memastikan harga yang ada di dalam e-katalog sudah sesuai harga pasar, sehingga nantinya pejabat pengadaan barang/jasa tidak perlu khawatir harga kemahalan. Sekalipun terjadi perbedaan harga, akan dicari harga yang paling rendah.

“Jika melalui proses tender , membutuhkan waktu tiga minggu sampai kepada pembayaran, namun dengan e-katalog, proses pengiriman dapat dilakukan lima sampai tujuh hari saja tergantung daerah yang dituju,” paparnya.

Menurutnya, selain pengadaan pihaknya juga akan membantu melakukan instalasi, service hingga maintenance. 

PT Air Mas Perkasa (Ayooklik.com) merupakan perusahaan Industri Teknologi (IT) dan mobile yang melayani penjualan secara online dan juga memiliki toko di daerah-daerah. Di Sumbar, cabangnya adalah J-Bross Airmas yang juga memiliki cabang di beberapa tempat.

Baca Juga

Penulis: Hijrah Adi Sukrial