Bank Dunia Naikkan Proyeksi Harga Minyak Jadi 41 USD per barel di 2016

"Kelebihan pasokan pasar diperkirakan akan surut"
Bank Dunia menaikkan proyeksi harga minyak mentah menjadi 41 dolar AS per barel pada 2016 (http://assets.kompas.com/)

KLIKPOSITIF - Bank Dunia menaikkan proyeksi harga minyak mentah menjadi 41 dolar AS per barel pada 2016. Hal ini karena kelebihan pasokan pasar diperkirakan akan surut.

Commodity Markets Outlook memperkirakan harga minyak mentah tahun ini menjadi 41 dolar AS per barel dari proyeksi Januari di 37 dolar AS per barel. Peningkatan proyeksi harga minyak tersebut mencerminkan perbaikan sentimen pasar dan melemahnya dolar serta kelebihan pasokan akan berkurang.

"Kami perkirakan harga sedikit lebih tinggi untuk komoditas energi selama tahun ini karena penyeimbangan kembali pasar setelah periode kelebihan pasokan," kata John Baffes, penulis utama laporan tersebut.

"Namun, harga energi bisa jatuh lebih jauh jika OPEC meningkatkan produksi secara signifikan dan produksi non-OPEC tidak turun secepat yang diperkirakan," ungkapnya.

Harga minyak pulih dari 25 dolar AS per barel pada pertengahan Januari menjadi 40 dolar AS per barel pada April, menyusul gangguan produksi di Irak dan Nigeria, serta penurunan produksi non-OPEC, terutama produksi minyak serpih di Amerika Serikat.

Meskipun harga dinaikkan, Bank Dunia memperkirakan harga minyak akan tetap lebih rendah dari tahun lalu. Harga energi, termasuk minyak, gas alam dan batu bara, diperkirakan turun 19,3 persen tahun ini dari tahun sebelumnya, kata Bank Dunia. Penurunan diperkirakan jauh lebih kecil dari perkiraannya pada Januari yang jatuh 24,7 persen.

[Fitria]