Pelindo II Jalin Kerja Sama dengan Pelabuhan Azerbaijan dan Tiongkok

"Pada umumnya, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dan komersial pada masing-masing pelabuhan"
Ilustrasi (Pelindo.co.id)

NUSA DUA, KLIKPOSITIF -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menjalin kerja sama sister port dengan Baku International Sea Trade Port CJSC (Port of Baku), Azerbaijan dan Ningbo Zhoushan Co, Tiongkok. 

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn Masassya menjelaskan, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini bertujuan untuk membangun kemitraan dan mengembangkan bisnis maritim dan perdagangan internasional.

Khususnya, ia melanjutkan, yang berkaitan dengan manajemen pelabuhan dan operasi dengan standar internasional dan penerapan sistem teknologi informasi serta kegiatan kepelabuhan lainnya.

Sementara MoU dengan Port of Ningbo dilakukan dalam rangka untuk mengeksplorasi dan memperbaiki dan mempromosikan peluang kerja sama dalam bidang bisnis, permodalan dan perihal teknik di bidang pembangunan terminal, manajemen pelabuhan dan pelabuhan logistik.

"Pada umumnya, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dan komersial pada masing-masing pelabuhan. Harapan kami kerja sama ini sejalan dengan program pemerintah yang memfokuskan pada peningkatan kualitas sektor maritim," kata Elvyn di Nusa Dua, Bali, Rabu 10 Mei 2017.

Menurutnya, Pelindo sendiri sesungguhnya telah memiliki banyak kerja sama dengan berbagai pelabuhan di dunia. Ia mengatakan, penandatanganan MoU ini juga sebagai bentuk implementasi bahwa Indonesia merupakan bagian setara dengan pelabuhan di dunia lainnya. Nantinya, ia melanjutkan, MoU itu akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama di area tertentu.

"Angkanya tidak disebutkan, karena teknisnya di area kerja sama nanti. Kami (Pelindo II) memiliki 12 pelabuhan. Pengembangan pelabuhan baru nantinya bisa dikerjasamakan," papar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Port of Baku, Taleh Ziyadov mengharapkan dengan kerja sama ini semakin terjalin interaksi yang lebih dekat dan erat antar-kedua negara.

"Kami berharap semakin terjalin interaksi yang lebih dekat ... Baca halaman selanjutnya