Pendapatan Pelindo II Naik 21 Persen Pada Triwulan I 2017

"Naiknya persentase pendapatan tersebut dipengaruhi oleh peningkatan volume trafik operasional kegiatan ekspor impor dan arus perdagangan domestik"
Ilustrasi (Dedola Global Logistics)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pendapatan PT Pelindo II pada triwulan I 2017 naik 21 persen, persero 'plat merah' tersebut mencatat pendapatan pada tiga bulan awal tersebut mecapai Rp2,3 triliun, sedangkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya yakni Rp1,9 triliun.

Naiknya persentase pendapatan tersebut dipengaruhi oleh peningkatan volume trafik operasional kegiatan ekspor impor dan arus perdagangan domestik.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Elvyn G. Masassya mengatakan pendapatan usaha tersebut seiring dengan EBITDA (pendapatan perusahaan sebelum pajak dan bunga ditambah depresiasi yang dilakukan perusahaan) perseroan juga tumbuh 3,4 persen menjadi Rp980 miliar dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp878 miliar.

"Realisasi pendapatan usaha kami pada triwulan pertama 2017 Rp2,3 triliun dari target tahun ini sebesar Rp10,5 triliun. Sedangkan EBITDA perseroan mencapai Rp908 triliun dari target tahunan sebesar Rp3,6 triliun," katanya.

Ia menyebutkan, meskipun pendapatan usaha terbilang naik dari sektor kegiatan eskpor impor, trafik penumpang mengalami penurunan 0,8 persen sepanjang Januari-Maret 2017 yakni dari 117 ribu orang menjadi 107 ribu orang.

"Sejak dua tahun terakhir ini memang trafik penumpang agak mengalami penurunan karena ada tendensi penumpang kapal beralih ke udara. Tapi ini normal saja," sebut Elvyn.

Kemudian secara rinci dibandingkan capaian periode yang sama tahun 2016, trafik peti kemas pada triwulan pertama 2017 naik 19 persen dari 1,4 juta TEUs menjadi 1,7 juta TEUs di mana tahun ini targetnya 6,8 juta TEUs.

Trafik non peti kemas naik 2 persen dari 7,3 juta ton menjadi 7,8 juta ton. Sementara trafik kapak naik 20 persen dari 36,5 juta GT menjadi 43,8 juta GT.(*)