Saat Lebaran, Pertamina Prediksi Konsumsi Bensin Menurun

"Hal itu disebabkan dengan peralihan bahan bakar subsidi ke non subsidi"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Selama lebaran tahun ini, PT Pertamina memprediksi konsumsi bahan bakar minyak jenis premiun bakal lebih menurun jika dibandingkan dengan lebaran tahun kemarin. Hal itu disebabkan dengan peralihan bahan bakar subsidi ke non subsidi.

Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar mengatakan tahun lalu peralihan penggunaan bahan bakar membuat penurunan bensin sangat siginifikan, sehingga untuk premium pada masa 2016, turun tujuh persen dari rata-rata konsumsi harian, di mana stok harian 70.566 kiloliter perhari, sedangkan ketahanan saat masa lebaran 65.708 kiloliter per hari.

"Sedangkan pada lebaran 2017, naik lima persen dari kebutuhan rata-rata harian yang sebesar 38.231 kiloliter per hari menjadi 40.142 kiloliter per hari, sehingga pada lebaran tahun 2016 premium memiliki pasokan 65.708 kiloliter per hari sedangkan lebaran 2017 hanya 40.142 kiloliter perhari," katanya.

Sedangkan berdasarkan kecenderungan penjualan dan realisasi Januari sampai Maret pada seluruh konsumsi gasoline (premium + pertamax series) akan mengalami kenaikan 9,7 persen dibanding harian normal. Kemudian perkiraan Gasoil (Solar/Bio + Pertamina Dex series) akan mengalami penurunan minus 8,2 persen , namun sisi Pertamina Dex dan Dexlite akan mengalami kenaikan 10 persen.

"Namun untuk persoalan persediaan lebaran nanti, kami masih menunggu instruksi dari pemerintah," sebut Iskandar.

Informasi tersebut biasanya disampaikan pada h-12 hari plus h+12 hari. Selama musim pengamanan stok lebaran Pertamina menjaga pada tingkat yang ditentukan, posisi stok per tanggal 21 Mei, premium berada pada level tinggi yaitu 24 hari.

"Biasanya kita levelnya di bawah 20 hari. Level ini lah yang kami jaga sampai nanti pasca lebaran, bergeser tidak boleh turun di bawah 20 hari. Supaya sampai di terminal BBM depot terakhir stok kita aman," katanya kemudian.

Lebih spesifik lagi, solar di posisi 26 hari, pertamax 24 hari, ... Baca halaman selanjutnya