Laporan Keuangan Pemkab Tanah Datar Raih Opini WTP

Penyerahan Opini WTP ke Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi Oleh BPK RI
Penyerahan Opini WTP ke Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi Oleh BPK RI (Pemkab Tanah Datar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Tanah Datar kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tahun Anggaran 2016. Opini prestisius dalam lembaga pemerintahan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Sumbar Eliza kepada Bupati Tanah Datar , Irdinansyah Tarmizi.

Dalam penyerahan opini tersebut, Bupati Tanah Datar didampingi oleh Ketua DPRD Anton Yondra, SE. Penyerahan juga tampak dihadiri oleh Inspektur Altri Suandi, Kepala Badan Keuangan Daerah Hendri, Asisten III Bidang Pemerintahan Azwar R, dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Tanah Datar .

Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) RI Isma Yatun memuji kinerja Pemkab Tanah Datar dalam mengeloa keuangan dan aset daerah. Apalagi, opini tersebut sudah diraih sebanyak enam kali-lima di antaranya diterima berturut-turut setiap tahun.

baca juga: Perintis Radio Pemda Tanah Datar Meninggal Dunia, Wabup : Almarhum Yasrizal Seorang Inisiator

"Opini WTP yang diperoleh untuk LHP Tahun Anggaran 2016 ini merupakan momentum terbaik bagi Pemkab Tanah Datar . Opini tersebut menjadi kebanggaan bersama, bukan hanya bagi pemerintah daerah, tetapi juga bagi kami di jajaran BPK RI yang punya visi menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat," katanya.

Menurutnya, opini WTP diraih karena Pemkab Tanah Datar melakukan penerapan pelaporan keuangan dan aset pemerintah menggunakan sisem akrual, "Jadi WTP tetap diraih," ujarnya.

baca juga: Akhir Pekan, Emas Dijual Rp 913 Ribu Per Gram

Dalam sistem baru yang berbasis akrual itu jelas dia, terdapat tujuh kelompok laporan yang diperiksa BPK , yakni Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL), Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca (Ner), Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

Sementara itu terkait opini laporan keuangan pemerintah tersebut, Buparti Tanah Datar , Irdinansyah Tarmizi mengaku pihaknya bakal meningkatkan kinerja, terkhusus untuk hal yang bersangkutan dengan keuangan .

baca juga: Pemkab Tanah Datar Raih WTP 9 Kali, Delapan Tahun Berturut-Turut, Ini Upaya yang Dilakukan

"Pemkab Tanah Datar secara konsisten akan menerapkan pengadministrasian berbasis elektronik, seperti e-planning, e-budgetting, e-monev dan e-procurement," sebutnya kemudian.

Selain itu, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra juga menyebutkan, opini tersbeut menjadi referensi penting bagi legislatif, terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan aset daerah.

baca juga: Akhir Pekan, Minyak Dunia Naik Hampir 2 Persen

"Dengan opini WTP ini, DPRD akan semakin terbantu dalam hal menunaikan tugas yakni tugas di bidang penganggaran dan pengawasan," tutur dia.

Kemudian terkait hal itu, legislatif juga akan terus berupaya mendorong pengelolaan keuangan dan aset daerah dengan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

"Hal ini menjadi langkah baik untuk meningkatkan usaha-usaha pembangunan, guna mewujudkan visi dan misi daerah menuju Tanah Datar yang madani dengan masyarakat yang sejahtera," pungkasnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa