Harga Minyak Jatuh Akibat Peningkatan Produksi Minyak Mentah OPEC

"Karena meningkatnya produksi di Timur Tengah"
Harga minyak merosot di perdagangan Asia Senin pagi (Reuters.com)

KLIKPOSITIF - Harga minyak merosot di perdagangan Asia Senin pagi (2/5) karena meningkatnya produksi di Timur Tengah. Dilansir dari laman reuters, Brent berjangka LCOc1 diperdagangkan pada $ 47,05 per barel, turun 32 sen. CLc1 minyak mentah AS turun 28 sen ke $ 45,64 per barel.

Analis mengatakan, kenaikan output dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan terutama Timur Tengah itu lazim. Hal ini karena faktor penurunan output AS dan pergeseran dolar yang membuatnya lebih murah bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya.

Dolar telah jatuh lebih dari 6 persen tahun ini terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya DXY. "Dolar melemah sehingga menggairahkan investor di pasar minyak mentah," kata ANZ Bank.

Sementara itu, Bank Perancis BNP Paribas mengatakan, reli harga minyak baru-baru ini melompat hampir sepertiga sejak April, terutama didorong oleh sentimen dan tidak memiliki dasar-dasar fisik. "Rally harga minyak tampaknya memiliki sedikit hubungannya dengan fundamental," katanya.

Disisi lain, peningkatan produksi negara-negara OPEC juga membuat pelemahan pada harga minyak dunia. Pesedian minyak OPEC naik menjadi 32.640.000 barel per hari (bph) pada bulan April, dari 32.470.000 barel per hari pada bulan Maret.

[Fitria]