Dua Pekan Jelang Lebaran, Permintaan Sewa Mobil Mulai Meningkat

"Penyewa mulai memesan jasa tersebut bahkan dari awal Ramadan"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dua pekan jelang lebaran, permintaan penggunaan jasa sewa mobil pribadi di Sumatera Barat mulai meningkat. Pengusaha-pengusaha sewa mobil pribadi di Sumbar mulai dihadapkan dengan jadwal sewa mobil mulai dari H-6 lebaran.

Salah satu pengusaha sewa mobil pribadi, Debi mengatakan, setiap lebaran permintaan selalu tinggi pada musim mudik. Untuk mengantisipasi kekosongan persediaan mobil, penyewa mulai memesan jasa tersebut bahkan dari awal Ramadan.

"Kadang dari pekan awal Ramadan sudah ada yang booking, soalnya kalau udah mau masuk cuti bersama, persediaan mobil mulai kosong," katanya pada KLIKPOSITIF.

Di tengah tingginya permintaan sewa mobil pada musim mudik dan libur lebaran, pengusaha sewa pada umumnya tidak mematok harga yang berlebih dari harga biasanya.

"Normalnya harga sewa Rp300 ribu sampai Rp400 ribu perhari, untuk musim mudik seperti ini biasanya penyedia jasa sewa tidak mematok harga berlebih, paling ada tambahan nanti untuk biaya jasa supir yang agak dilebihkan, jika misalnya untuk supir Rp50 ribu, naik jadi Rp75 ribu sampai Rp100 ribu, tergantung penyewa saja," jelas Debi kemudian.

Penyedia jasa sewa mobil lainnya, Agung juga membenarkan hal tersebut. Selama musim mudik dan libur lebaran ini, pemesanan jasa sewa mobil ini didominasi oleh ASN dan pegawai swasta.

Jika pada hari biasanya Agung menyebut, dalam sepekan satu mobil miliknya biasanya disewa hanya 1 sampai 2 hari, berbeda dengan musim mudik, satu mobil miliknya bisa disewa untuk satu pekan bahkan 10 hari.

"Biasanya mobil disewa hingga H+3, biasanya yang suka nyewa lama-lama itu ASN. Tingginya penyewaan mobil pribadi pada lebaran ini mulai marak sejak tahun 2012 lalu, setiap lebaran memang bikin kewalahan penyedia jasa," pungkasnya kemudian.(*)