Berkah Ramadan Bagi Pedagang Dadakan di Dharmasraya

"Pegawai Negeri Sipil (PNS) aktif Dharmasraya ini mendulang berkah Bulan Suci Ramadhan dengan menjual pakaian."
Salah Satu Pedagang Dadakan di Dharmasraya (Cecep/Klikpositif)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF -- Jelang lebaran, banyak kalangan yang berubah profesi sebagai pedagang pakaian dan sepatu.

Salah satunya adalah Tigor Batubara. Pria 30 tahun yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) aktif Dharmasraya ini mendulang berkah Bulan Suci Ramadhan dengan menjual pakaian.

Ditemui KLIKPOSITIF di lapaknya di pinggir Jalan Lintas Sumatera KM 1 Pulau Punjung, Dharmasraya, tepatnya di si samping simpang pasar Pulau Punjung, Sabtu 17 Juni 2017, Tigor mengatakan, pakaian yang dijual adalah jenis kemeja flannel dengan model terbaru dari brand LUCCA MAN.

"Kami mengejar pangsa pasar anak muda," ungkap Tigor yang kini tengah mengambil Pasca Sarjana MAPD Jatinangor, Bandung ini.

Tigor sendiri mengambil barang-barang​ dagangan di Tanah Abang, Jakarta. "Alhamdulillah, setiap hari dagangan ramai, tentu ini berkah Ramadhan. Kebetulan saya juga lagi kuliah, jadi tidak mengganggu pekerjaan. Bukanya juga dari sore hingga malam," ujarnya.

Di lokasi yang tidak begitu jauh, penyanyi Minang, Erwin Chan menggelar lapak sepatu dan sandal wanita. Penyanyi yang tenar dengan lagu 'Samandeh Lai, Sa Ayah Indak' ini juga membuka lapak di kawasan pasar baru Pulau Punjung km 1.

Kepada KLIKPOSITIF, Erwin mengutarakan jika pangsa pasar yang dikejar adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Namun, jangan salah, barang dagang tetap dengan kualitas tinggi.

"Barang tetap branded, dijual secara obral dengan harga yang terjangkau," sebutnya.

Senada dengan Tigor, Erwin juga memanfaatkan momentum lebaran untuk mencari rezeki. "Kalau orderan menyanyi tentu kini agak berkurang. Makanya kami berdagang," ucapnya.

Pantauan KLIKPOSITIF, selain di Pulau Punjung, lapak kaki lima pakaian dan sepatu juga banyak terdapat di kawasan Sikabau, Sitiung, dan Sungai Rumbai.

[Cecep]