RAPBN 2018 Akan Diteliti Kembali

"Kementerian Keuangan akan menelaah kembali mulai perhitungan asumsi, dampak dari sisi penerimaan, subsidi dan belanja negara"
Sri Mulyani (Laman Kemenkeu)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya akan meneliti kembali RAPBN 2018 setelah mendengarkan tanggapan dari DPR RI soal anggaran tersebut.

Dalam pembahasan dengan beberapa fraksi, DPR menilai rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara tahun depan tersebut harus diteliti lebih rinci kembali sebelum ditetapkan.

"Kita akan teliti secara lebih detail dari mulai dari asumsi makro sampai kepada posturnya," katanya.

Ia menyebut Kementerian Keuangan akan menelaah kembali mulai perhitungan asumsi, dampak dari sisi penerimaan, subsidi dan belanja negara.

"Kita akan lihat lagi dari mulai landasan perhitungannya asumsinya, kemudian dari sisi implikasinya terhadap item-item yang ada di dalam APBN apakah itu dari sisi penerimaan, dari sisi subsidi dari sisi pembelanjaan negara," jelas Sri Mulyani.

Setelah diteliti, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu akan membahasnya kembali dengan masing-masing fraksi di DPR RI.

"Selanjutnya, berdasarkan review yang dilakukan, hasilnya akan dibahas dengan masing-masing komisi di DPR," pungkas dia kemudian.

Sebelumnya, pemerintah merilis jumlah Belanja Negara tahun 2018 mendatang sebesar Rp2.204,4 triliun. Sementara untuk penerimaan negara ditargetkan sebesar Rp1.878,4 triliun.(*)