Kenaikan Harga Cabai Merah di Padang Sumbang Deflasi untuk Sumbar

"Laju deflasi bulanan Sumbar selama Agustus 2017 merupakan yang terdalam ke-13 di antara 22 provinsi yang mengalami "
Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat (Wikipedia)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Provinsi Sumatera Barat mengalami deflasi sebesar 0,28 persen sepanjang bulan Agustus 2017 setelah sebelumnya mengalami inflasi sebesar 0,48 persen pada bulan Juli lalu.

Kepala BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono mengatakan laju  deflasi bulanan Sumbar selama Agustus 2017 merupakan yang terdalam ke-13 di antara 22 provinsi yang mengalami deflasi secara nasional.

"Pergerakan harga Sumbar disumbang oleh Kota Padang yang mencatat deflasi 0,36 persen dan Bukittinggi yang mencatat inflasi 0,28 persen," katanya.

Menurut data Bank Indonesia, inflasi bulanan Sumbar disumbang oleh kenaikan harga kelompok bahan pangan bergejolak dan kelompok inti. Pada kelompok pangan bergejolak tersebut disumbang oleh kenaikan cabai merah, daging ayam ras, kangkung, dan telur ayam ras.

Endy juga menyebutkan bahwa kenaikan harga cabai merah disebabkan oleh meningkatnya harga cabai lokal dan cabai Jawa di Padang dan Bukittinggi akibat berkurangnya hasil panen cabai merah di sentra produksi.

Sementara itu, kenaikan harga daging ayam ras dan telur ayam ras disinyalir berasal dari kenaikan harga di tingkat distributor yang memanfaatkan momen menjelang hari raya Idul Adha, katanya.

"Bertolak belakang dengan dua kelompok tersebut, kelompok barang yang diatur pemerintah justru mengalami deflasi bulanan secara signifikan sebesar 2,35 persen dari sebelumnya inflasi sebesar 2,25 persen," jelas dia.

Deflasi kelompok administered price disumbang oleh turunnya harga tiket pesawat sebesar 0,54 persen dan tarif angkutan antarkota 0,01 persen, ujarnya.

Penurunan harga tiket pesawat tersebut merupakan dampak dari normalisasi harga karena turunnya permintaan seiring dengan berakhirnya arus balik setelah Idulfitri.

"Berakhirnya arus balik juga berdampak pada penurunan tarif angkutan antarkota, khususnya dari Kota Padang. Penurunan harga lanjutan kelompok ini tertahan dengan kenaikan harga rokok ... Baca halaman selanjutnya