Produk Pangan Indonesia Diterima Baik oleh Negara ASEAN

"Selera dan cita rasanya relatif mirip dengan produk negara ASEAN lainnya"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Produk pangan berupa makanan dan minuman buatan Indonesia diterima dengan baik oleh negara-negara Aia Tenggara (ASEAN). Hal tersebut diungkapkan oleh Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi).

Ketua Gapmmi, Adhi Lukman mengatakan, produk Indonesia dapat diterima dengan baik karena selera dan cita rasanya relatif mirip dengan produk negara ASEAN lainnya.

"Ditambah lagi produksi industri makanan dan minuman di negara seperti Myanmar, Vietnam dan Filipina belum marak di negara tersebut," katanya.

Ia menilai di beberapa negara, pemerintah belum memproteksi produksi industri makanan dan minuman, sehingga untuk kebutuhan pangan masih didukung oleh Thailand dan Malaysia.

"Adapun beberapa jenis makanan dan minuman nasional yang merambah pasar ASEAN yakni permen, kopi, biskuit, mie, minuman, kerupuk dan nata de coco," papar Adhi.

Tidak hanya menjual produk kepada para pembeli, menurut Adhi, industri nasional juga membuka jaringan distribusi sekaligus memperkuat pemasaran produk-produknya di negara-negara itu, salah satunya melalui promosi.

"Dulu kan hanya sekedar menjual, sekarang menjual dan meningkatkan kegiatan marketing. Ini karena persaingan dengan Vietnam, Malaysia, itu sudah semakin ketat," pungkasnya.(*)