Dana Desa Siap Dibagikan ke 32 Nagari di Pasaman

"Saat ini dana tersebut tinggal menunggu proses pencairan ke kas 32 nagari"
(KLIKPOSITIF/Man St. Pambangun)

KLIKPOSITIF - Dana Desa untuk Kabupaten Pasaman tahun 2016 sudah masuk ke kas daerah sebesar Rp15.330.7340.400. Dan tersebut baru cair sekitar 60 persen dari total Rp25,5 miliar.

"Saat ini dana tersebut tinggal menunggu proses pencairan ke kas 32 nagari yang ada di Kabupaten Pasaman," ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Pasaman Fuji Radial didampingi Kabid Pemberdayaan Etriwaldi, Jumat.

Dana desa akan diperuntukan untuk kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat nagari (desa). "Setiap nagari yang mendapat dana desa jumlahnya bervariasi. Hal itu berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, penduduk miskin dan tingkat kesulitan geografis nagari," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Etriwaldi mengharapkan kepada pemerintahan nagari untuk terbuka dalam pengelolaan dana itu nantinya. "Para Wali Nagari (kepala desa) untuk tidak khawatir membelanjakan dana yang ada sejauh penggunaannya sesuai aturan," katanya.

Ia juga menekankan, pemerintah telah mengingatkan wali nagari agar dana desa boleh digunakan untuk program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Tidak boleh untuk yang lain terutama untuk kepentingan pribadi. "Pengawasan dana desa ini cukup ketat karena melibatkan semua lini, terutama masyarakat, penegak hukum, LSM dan wartawan," sebutnya.

Ia mengingatkan, apabila dana desa bermasalah dalam satu nagari, maka akan merusak kredibilitas pemerintah daerah di tingkat Nasional. "Kita berharap pelaporan pelaksanaan kegiatan dana desa tepat waktu sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat," tuturnya.

‎Selain itu, pihak BPM Pasaman juga sudah menyerahkan tenaga profesional kepada camat dan walinagari untuk mendampingi pengalokasian dana desa disetiap nagari yang ada di Pasaman. "Tenaga ahli itu, akan mengawasi dan membantu mengarahkan agar dana desa tepat sasaran,"sebutnya.

Ia menyebutkan, jumlah tenaga ahli itu ada 6 orang sementara untuk pendamping desa ... Baca halaman selanjutnya