BKPM tawarkan Rp 39 Triliun untuk Tiga Proyek Destinasi Wisata

"Tiga destinasi yang ditawarkan Rp39 triliun itu telah memiliki proyek-proyek ready to offer"
Diskusi Regional Investment Forum 2017 (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, menawarkan proyek Rp 39 triliun untuk tiga destinasi wisata perioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, dan Tanjung Kelayang dalam Regional Investment Forum (RIF) 2017, di Grand Inna Hotel, 15 hingga 17 Oktober.

Kepala BKPM Pusat, Thomas Lembong menyebut, sebetulnya ada delapan destinasi di Indonesia yang ditawarkan dalam RIF 2017, enam diantaranya merupakan destinasi prioritas.

"Dua diantaranya berada di Sumbar, masing-masing, Kawasan wisata Terpadu Gunung Padang dan kawasan wisata bahari pantai Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan," ungkapnnya, Senin 16 Oktober 2017.

Sementara tiga destinasi yang ditawarkan Rp39 triliun itu telah memiliki proyek-proyek ready to offer. Untuk Danau Toba ada lima proyek dengan estimasi nilai proyek USD 2,3 M, Borobudur 10 proyek, dan Tanjung Kelayang 2 proyek perhotelan.

Menurutnya, ada 5 destinasi lainnya juga tak kalah menarik dari 3 destinasi yang siap ditawarkan tersebut. "Misalnya saja Padang yang memiliki destinasi tak kalah cantik. Padang sudah mulai berbenah dan berkembang sebagai destinasi wisata," ujar dia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya menilai, potensi devisa dari sektor pariwisata diperkirakan mencapai Rp260 triliun dan menjadi sektor kedua sebagai penyumbang devisa terbesar.

Diperkirakan, sektor pariwisata akan menjadi penghasil devisa terbesar di Indonesia pada masa mendatang.

 "Terpenting itu, prioritas kita adalah menyiapkan Atraksi, Amenitas atau sarana dan prasarana, dan Aksesibilitas (3A). Terutama untuk 10 'Bali baru' yang terhampar di danau Toba hingga ke Maluku Utara," bebernya.

Arief mengatakan investasi sangat diperlukan dalam sektor pariwisata. Sebab, hal itu tidak sekedar menunjukkan kepercayaan dunia usaha terhadap pertumbuhan yang dicapai sektor usaha. Namun, juga menjadi game changer ditengah ... Baca halaman selanjutnya