Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Kebut Akselerasi Belanja Negara

"Upaya tersebut dilakukan agar pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan IV 2017 tetap stabil"
Sri Mulyani (Kemenkeu.go.id)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Indonesia kebut akselerasi belanja negara dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Upaya tersebut dilakukan agar pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan IV 2017 tetap stabil dan berada di jalur positif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, peningkatan akselerasi belanja dilakukan pada poin-poin yang telah dilakukan sebelumnya.

"Saya tetap berharap dan melihat volume total belanja yang sudah diajukan di kuartal IV ini dibandingkan tahun lalu. Jadi year on year growth akan tetap positif," katanya.

Kendati demikian, peningkatan akselerasi belanja negara tersebut harus tetap berkualitas dan menjamin pertumbuhan nasional.

"Tak cuma belanja, penerimaan negara juga akan menjadi fokus dari pemerintah. Sehingga defisit pada APBN tetap terkendali sesuai yang direncanakan," ucap Sri Mulyani.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan III-2017, ekonomi tumbuh 5,06%, hal itu ditopang oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebesar 4,93%.

Kemudian disusul oleh Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 7,11%, ekspor 17,27%, konsumsi pemerintah 3,46%, konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 6,01%, dan impor sebesar 15,09%.

"Kuartal IV kita masih bisa berharap di atas 5,3% atau 5,2% sehingga total masih ada 5,10-5,17%," pungkasnya.(*)