BPS: 90% Perkebunan Sawit di Indonesia Dikuasai Swasta

"Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit terbanyak di Indonesia "
Perkebunan Sawit (Istimewa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik Indonesia merilis data sebaran perusahaan perkebunan Sawit di Indonesia pada tahun 2016. Dalam rilis tersebut, tercatat saat ini terdapat 1.760 perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Dari data tersebut dirinci sebanyak 1.448 perusahaan berstatus aktif, 236 perusahaan berstatus non response, 4 perusahaan berstatus tutup sementara, dan 72 perusahaan berstatus tutup.

Jumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ditampilkan pada rilis itu, sebanyak 1.688 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berasal dari perusahaan berstatus aktif, non response, dan tutup sementara tersebut tersebar di 26 provinsi di Indonesia.

Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit terbanyak di Indonesia yaitu sebanyak 351 perusahaan.

Sementara itu provinsi lain yang juga terdapat perusahaan perkebunan kelapa sawit yang cukup banyak adalah Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 221 perusahaan, Provinsi Riau sebanyak 199 perusahaan, Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 143 perusahaan, dan Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 137 perusahaan.

Jika dilihat dari persebaran perusahaan perkebunan kelapa sawit menurut pulau di Indonesia, pada tahun 2016 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berada di Pulau Sumatera adalah sebanyak 61 persen.

Kemudian di Pulau Kalimantan sebanyak 35 persen, dan sisanya berada di Pulau Sulawesi, Pulau Jawa, Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Pulau Maluku, dan Pulau Papua.

Di Pulau Sumatera dan di Pulau Kalimantan, perusahaan perkebunan kelapa sawit terdapat diseluruh Provinsi.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit di Pulau Sumatera terkonsentrasi di Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan dengan persentase masingmasing sebesar 34 persen, 19 persen, dan 13 persen dari seluruh perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Pulau Sumatera.

Sedangkan di Pulau Kalimantan, persentase ... Baca halaman selanjutnya