Tas Saga Anau, Produk Kreatif Olahan Aren dari Solok Selatan

"Tas olahan Aren ini dibuat menjadi berbagai macam desain dan variasi yang berbeda"
Fasilitator Munitas Ryan Thanoesya saat memperlihatkan tas Saga Anau hasil karya kelompok perempuan Arenga Pinata (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Alam menyediakan banyak manfaat untuk kehidupan manusia, hasil alam tidak akan sia-sia jika diolah menjadi barang-barang yang bermanfaat. Selain bisa mengurangi limbah pembuangan, hasil olahan bisa juga menopang perekonomian masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok perempuan Arenga Pinata di Kenagarian Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan.

Kelompok dibawah binanaan KKI Warsi ini memanfaatkan Lidi Aren atau yang lebih dikenal dengan Saga Anau untuk dijadikan souvenir tas cantik untuk kaum perempuan.

Tas olahan Aren ini dibuat menjadi berbagai macam desain dan variasi yang berbeda. Menurut Fasilitator Komunitas Ryan Thanoesya, pengolahan Aren jadi tas tersebut dilatari karena banyaknya pohon Aren atau Anau didaerah tersebut, namun jarang digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

"Biasanya Aren hanya diolah masyarakat untuk dijadikan penganan Kolang-Kaling saat bulan Ramadan, jadi kurang bermanfaat," katanya.

Padahal, jauh dari itu Saga Anau punya nilai jual tinggi untuk dijadikan pundi-pundi uang. Kelompok yang baru sebulan dibentuk itu, jelas Ryan, diberikan tugas kolektif untuk menyediakan bahan dasar dan diberikan pelatihan untuk mengkombinasikan bahan tersebut menjadi sebuah tas utuh.

Tidak tanggung-tanggung kelompok perempuan ini sudah bisa menghasilkan 15 unit tas dalam satu bulan dengan desain dan variasi yang berbeda.

Untuk pengolahannya kata Ryan, Saga Anau tua yang baru diambil di pohon dibentuk sesuai desain tas. Namun terlebih dahulu Aren tersebut dipotong sesuai ukuran tas, selanjutnya saga dibersihkan dan cat sesuai selera dan bentuk yang akan dibuat.

Kemudian, dilakukan penyusunan saga dengan dianyam atau digabungkan dengan benang sehingga membentuk semacam tikar, selanjutnya dilakukan penjahitan pada badan atau bagian tertentu dari tas.

Kesulitan dalam pembuatan tas Saga Anau, ... Baca halaman selanjutnya