Pemerintah Kembali Isyaratkan Pemotongan APBN 2016

"Ada kemungkinan akan dilakukan pemotongan tambahan"
Seskab Pramono Anung (setkab.go.id)

KLIKPOSITIF - Pemerintah kembali mengisyaratkan pemotongan anggaran belanja negara tahun ini setelah sebelumnya dipotong Rp 50,016 triliun.

“Ada kemungkinan akan dilakukan pemotongan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tambahan karena memang Presiden dan Wakil Presiden memberikan arahan kepada seluruh K/L untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu,” jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, perkembangan perekonomian global dan juga pendapatan negara dari sektor pajak juga akan berkurang dari tahun lalu. "Berdasarkan laporan Menteri Keuangan itu, Pemerintah akan melakukan pemotongan pengeluaran atau spending secara proporsional," tambahnya.

Menurutnya, pengadaan-pengadaan yang tidak produktif merupakan salah satu hal yang harus diefisiensi. "Itu memang betul diputuskan dalam paripurna dan Inpresnya sudah ditandatangani oleh Presiden, dan ini juga merupakan bagian dalam penyusunan APBNP yang akan dimasukkan ke dalam parlemen dalam waktu dekat ini," tuturnya.

[Fitria]