Lagi, Cabai Merah Jadi Penyumbang Inflasi di Padang dan Bukittinggi

"Persentase inflasi di dua kota itu mencapai 0,48 persen dan 0.32 persen"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sepanjang bulan November 2017, perubahan harga cabai merah menjadi penyumbang inflasi di Kota Padang dan Bukittinggi. Tercatat, persentase inflasi di dua kota itu mencapai 0,48 persen dan 0.32 persen.

Menurut persentase tahunan, inflasi Kota Padang pada November 2017 naik 1,45 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Sedangkan Kota Bukittinggi naik 0,43 persen.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Sumbar Inflasi di Kota Padang terjadi karena adanya peningkatan harga pada semua kelompok pengeluaran yaitu; kelompok bahan makanan sebesar 1,44 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,07 persen.

Kemudian kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,19 persen, kelompok sandang sebesar 0,10 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,23 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,06 persen dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,19 persen.

Sedangkan inflasi Kota Bukittinggi disebabkan oleh 5 (lima) kelompok pengeluaran antara lain; kelompok bahan makanan sebesar 0,82 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,03 persen.

Lalu kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,48 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,24 persen. Sementara 1 (satu) kelompok mengalami deflasi yaitu kelompok sandang sebesar -0,05 persen.

Secara rincian, komoditi yang memberikan andil besar terhadap laju inflasi di Kota Padang adalah cabai merah, yang mana laju perubahan harganya mencapai 13,50 persen atau menyumbang 0,32 persen terhadap inflasi.

Sementara untuk Kota Bukittinggi, persentase perubahan harga cabai merah lebih rendah dari Kota Padang yakni 6,90 persen atau memberi andil sebesar 0,15 persen terhadap laju inflasi.

Di sisi lain, BPS juga merilis bahwa dari 23 (dua puluh tiga) kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di pulau Sumatera, semua kota ... Baca halaman selanjutnya