Pedagang Pasar Raya Padang Masih Kekurangan Stok Cabai Merah

"Terpantau saat ini di lokasi itu, satu kilogram cabai merah dibanderol dengan harga Rp44 ribu"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kenaikan harga cabai merah sejak beberapa waktu belakangan membuat pedagang di Pasar Raya Padang kekurangan stok komiditi tersebut.

Terpantau saat ini di lokasi itu, satu kilogram cabai merah dibanderol dengan harga Rp44 ribu.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pedagang cabai, Anto. Ia mengatakan, sejak kenaikan harga tersebut rata-rata pedagang di pasar sentral Kota Padang tersebut hanya menerima kurang dari satu ton perharinya.

"Biasanya rata-rata pedagang disini bisa mendapatkan persediaan cabai merah satu ton lebih per harinya. Satu ton itu yakni 40-50 kotak besar, sekarang kami hanya dapat 20 kotak besar," katanya.

Sudahlah stok berkurang, Anto menyebut penjualan cabai merah juga menurun, "Biasanya persediaan satu setengah ton itu bisa habis dalam waktu tiga hari, sekarang 600 gram saja bisa lima hari," ujar dia.

Kendati demikian, ia memprediksi dalam waktu dekat harga cabai merah sepertinya akan menurun, sebab di persediaan cabai merah asal Jawa mulai membanjiri lapak pedagang Pasar Raya Padang.

"Kabarnya pekan depan akan lebih banyak masuk (cabai Jawa), jadi harganya bisa murah dan mudah-mudahan bisa mendongkrak penjualan juga," tutur Anton kemudian.

Seperti yang diketahui sebelumnya, kenaikan harga cabai merah di Kota Padang kembali menyumbang persentase inflasi terbesar pada bulan November lalu.

Menurut catatan BPS Sumatera Barat, kenaikan harga cabai merah menjadi penyumbang terbesar dalam laju inflasi dengan persentase mencapai 0,32 persen atas perubahan harga yang mencapai 13,50 persen di pasaran.

[Halbert Chaniago]