Jelang Akhir Tahun, Kementerian ESDM Pastikan Stok Gas 3 Kilogram Aman

"Isu kelangkaan gas yang berkembangan beberapa waktu belakangan tidak benar"
Pekerja menyusun tabung gas LPG 3 kilogram (Istimewa/Media Indonesia)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan gas LPG ukuran 3 kilogram bersubsidi selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar. Menurutnya, isu kelangkaan gas yang berkembangan beberapa waktu belakangan tidak benar.

"Kementerian ESDM berkoordinasi dengan Pertamina untuk melihat dan memeriksa apakah benar terjadi kekurangan stok LPG di daerah. Dari hasil review ini, secara garis besar stok LPG aman, rata-rata sekitar 19-20 hari. Ini sesuai dengan rencana yang ada di Pertamina", katanya.

Ia tidak menampik akan adanya kekurangan stok LPG di beberapa wilayah, namun ia mengungkapkan hal ini terjadi hanya di beberapa daerah saja, disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini yang memang menjadi tantangan dalam proses pendistribusian 'gas melon' tersebut.

"Kita cermati, kita amati, kalau memang ada kekurangan pasokan, kemungkinan sifatnya sementara. Salah satu penyebabnya, Gorontalo misalnya, karena cuaca ekstrem beberapa hari belakangan, maka ada kendala di hal distribusi," ungkap pria asal Sumatera Barat itu.

Sementara itu Direktur Pemasaran PT Pertamina, Muchamad Iskandar menyebutkan pihaknya selalu melakukan pemeriksaan ke lokasi-lokasi yang terindikasi akan berkurangnya pasokan, terlebih adanya usaha penimbunan yang dicurigai oleh masyarakat saat ini.

Ia menilai, kekhawatiran meningkatnya kebutuhan masyarakat menuju penghujung tahun 2017 juga menjadi perhatian Pemerintah.

Hanya dua minggu jelang libur besar perayaan hari besar keagamaan dan tahun baru yang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan konsumen untuk menggunakan gas LPG 3 kg.

"Kami akan menjamin ketersedian LPG, baik hari ini, esok, bulan depan. Kebutuhan ini akan kita penuhi berapapun masyarakat butuh untuk LPG ini. Kemungkinan akan ada peningkatan kebutuhan di akhir Desember ... Baca halaman selanjutnya