Harga Minyak Anjlok Setelah Persediaan Minyak Mentah AS Naik

"Brent crude futures LCOc1 turun 87 sen, atau 1,8 persen dari harga terakhir"
Harga Minyak Anjlok Setelah Persediaan Minyak Mentah AS Naik (Reuters)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia jatuh di perdagangan Kamis (19/5) setelah persediaan minyak mentah AS naik.

Dilansir dari laman reuters, Brent crude futures LCOc1 turun 87 sen, atau 1,8 persen dari harga terakhir dan diperdagangkan pada $ 48,06 per barel. US crude futures CLc1 turun 74 sen, atau 1,5 persen di $ 47,45 per barel.

Kedua kontrak yang terjadi di 2016 tertinggi di awal pekan ini menyebabkan produksi di Amerika, Afrika dan Asia turun. "Kami menduga pasar minyak telah bergerak terlalu tinggi, terlalu jauh, terlalu cepat," kata bank Perancis BNP Paribas.

Meskipun demikian, para analis mengatakan harga minyak lebih rendah didorong oleh risalah pertemuan kebijakan Fed pada 26-27 April lal. Hal ini menaikkan suku pada bulan Juni jika data ekonomi menunjukkan pertumbuhan kuartal kedua lebih kuat dan penguatan terhdap dolar AS.

Sejak minyak diperdagangkan dalam dolar, greenback membuat pembelian bahan bakar untuk negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya lebih mahal dan berpotensi mengurangi permintaan.

Setelah jatuh hampir 8 persen terhadap sekeranjang mata uang lainnya DXY antara Januari dan April, dolar telah pulih 3,5 persen, membebani minyak. Kenaikan ekspor minyak dari Iran setelah sanksi terhadap itu dicabut pada bulan Januari juga terseret turun.

Ekspor minyak Iran ditetapkan untuk melompat hampir 60 persen pada Mei dari tahun lalu menjadi 2,1 juta barel per hari.

[Fitria]