Pemerintah Minta Pengusaha Sawit Terapkan Pencegahan Kebakaran Lahan

"Pencegahan karhutbunla harus menjadi bagian dari sistem produksi lestari"
Menko Darmin Nasution (Istimewa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Perekonomian Darmin Nasution meminta agar pengusaha perkebunan sawit di Indonesia, agar bisa segera mengimplementasikan standar pencegahan karhutbunla dengan pendekatan klaster dan berbasis masyarakat.

Langkah tersebut bisa dilakukan dengan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA), Desa Tangguh Bencana Karhutbunla (Destana), Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), dan Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

"Hal itu merupakan kewajiban pemerintah dan dunia usaha nasional untuk mentransformasi ekonomi sumberdaya alam menjadi hijau, rendah asap, dan rendah emisi," katanya.

Menurut Darmin, sistem produksi sumberdaya lahan yang lebih hijau dan rendah asap (low haze) merupakan kepentingan ekonomi nasional.

"Untuk itu, pencegahan karhutbunla harus menjadi bagian dari sistem produksi lestari tersebut," jelas Darmin.

Pada akhirnya, upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing Indonesia di pasar internasional.

Sebab kata dia, pasar internasional saat ini menuntut berbagai macam produk yang dihasilkan dari hutan dan kebun serta turunannya agar menerapkan prinsip-prinsip lestari dan keberlanjutan.

"Upaya tersebut membutuhkan komitmen semua pihak, meskipun saat ini cuaca Indonesia cenderung lebih basah dan potensi kebakaran lahan bisa jauh teratasi," ucap Darmin kemudian.(*)