Selama Harbolnas, Transaksi E-Commerce Mencapai Rp4,7 Triliun

"Jumlah tersebut diperoleh dari 254 e-Commerce"
Ilustrasi (SheThePeople)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Panitia Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) memaparkan transaksi e-commerce selama peringatan tersebut naik empat kali lipat.

Menurut data, nilai total transaksi mencapai Rp 4,7 triliun. Jumlah tersebut diperoleh dari 254 e-Commerce yang berpartisipasi selama Harbolnas 2017.

"Pada Harbolnas tahun ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpartisipasi baik sebagai konsumen maupun sebagai seller," kata Ketua Panitia Harbolnas 2017, Achmad Alkatiri.

Menurut data Nielsen, saat Harbolnas, 75 persen konsumen mengakses marketplace untuk belanja saat Harbolnas menggunakan ponsel pintar, naik 17 persen jika dibandingkan dengan 2016.

Alat favorit kedua untuk berbelanja adalah melalui laptop, yaitu 41 persen, turun 2 persen. Akses melalui komputer mengalami penurunan 9 persen dari Harbolnas 2016, kini hanya 27 persen.

Penurunan tersebut disebabkan konsumen kini beralih ke aplikasi e-commerce di ponsel. 48 persen orang yang berbelanja saat Harbolnas menggunakan aplikasi dan hanya 17 persen yang menggunakan browser.

Kemudian 37 persen konsumen menggunakan aplikasi dan browser untuk berbelanja.

Lebih dari separuh orang yang berbelanja saat Harbolnas mengaksesnya dari rumah, sebanyak 76 persen. Hanya 40 persen yang berbelanja online saat di kantor.(*)