Toyota dan Mazda Akan Bangun Pabrik Senilai $ 1,6 M di Alabama

"Pabrik tersebut akan mempekerjakan hingga 4.000 orang"
Alabama akan menjadi lokasi pabrik Toyota Motor Corp dan Mazda Motor Corp senilai $ 1,6 miliar (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Alabama akan menjadi lokasi pabrik Toyota Motor Corp dan Mazda Motor Corp senilai $ 1,6 miliar. Hal itu mendorong perusahaan itu membangun fasilitas di AS yang baru dan mengancam tarif produksi asing.

Pabrik tersebut akan mempekerjakan hingga 4.000 orang dan memproduksi sekitar 300 ribu kendaraan per tahun, yang akan berlokasi di Huntsville, Alabama. "Dan itu merupakan keuntungan bagi negara, di mana Toyota memiliki pabrik mesin besar dan jaringan pemasok otomotif yang ada," kata salah satu sumber, Selasa waktu setempat.

Pengumuman resmi oleh pejabat perusahaan dan negara bagian akan dilakukan hari ini, Rabu (10/1) di Montgomery.

Pabrik baru yang akan dibangun di daerah kemenangan Trump pada pemilihan presiden tahun 2016 itu diharapkan akan dibuka pada 2021.

Sebelumnya pada Bulan Maret, Trump menginginkan ada pabrik mobil yang dibangun di daerah itu di laman Twitternya.

Pengumuman tersebut juga datang pada saat penurunan penjualan industri otomotif AS, sehingga dapat memperburuk kelebihan kapasitas dan menambah tekanan untuk menurunkan harga. Penjualan kendaraan baru AS turun 2 persen pada 2017, setelah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa di tahun 2016, dan diperkirakan akan turun lebih lanjut pada 2018.

Rincian paket pajak dan insentif yang diantisipasi untuk investasi tersebut belum diketahui. Perusahaan tersebut mencari insentif minimal $ 1 miliar.

Seorang juru bicara Toyota menolak berkomentar, namun mengatakan bahwa pengumuman tersebut akan segera diumumkan. Juru bicara Mazda juga menolak berkomentar.

Dilansir dari laman reuters, dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan telah mempersempit pilihan mereka ke situs di Alabama dan North Carolina.