Harga Minyak Capai Level Tertinggi Sejak 2014

"Hal ini karena pemotongan produksi yang terus berlanjut yang dipimpin oleh OPEC "
Harga minyak mencapai tingkat tertinggi sejak tahun 2014 pada perdagangan hari ini, Rabu, 10 Januari 2018 (Net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak mencapai tingkat tertinggi sejak tahun 2014 pada perdagangan hari ini, Rabu, 10 Januari 2018.Hal ini karena pemotongan produksi yang terus berlanjut yang dipimpin oleh OPEC dan juga permintaan yang sehat, walaupun analis memperingatkan bahwa pasar mungkin terlalu panas.

Rally pasar global yang luas, termasuk saham, juga telah mendorong investasi ke minyak mentah berjangka. Minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) CLc1 berada di $ 63,40 per barel pada pukul 01:00 GMT - 44 sen atau 0,7 persen di atas pemukiman terakhir mereka. Mereka menandai kenaikan tertinggi selama Desember-2014 sebesar $ 63,53 per barel pada awal perdagangan.

Harga minyak mentah Brent LCOc1 berada di $ 69,15 per barel, 33 sen atau 0,5 persen, di atas penutupan terakhir mereka. Brent menyentuh $ 69.29 pada perdagangan akhir Selasa, terkuat sejak lonjakan intra hari pada Mei 2015 dan, sebelum itu, pada bulan Desember 2014.

"Perpanjangan perjanjian OPEC dan persediaan yang menurun semuanya membantu menaikkan harga lebih tinggi," kata William O'Loughlin, analis investasi di Rivkin Securities Australia.

Dalam upaya menopang harga, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama-sama dengan Rusia dan sekelompok produsen lainnya, November lalu memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi yang akan berakhir pada bulan Maret tahun ini yang mencakup seluruh tahun 2018.

Dilansir dari laman reuters, pemangkasan tersebut, yang sebagian besar ditargetkan ke Eropa dan Amerika Utara, ditujukan untuk mengurangi overhang pasokan global yang telah mengincar pasar minyak sejak 2014.