Harga Minyak Menguat karena Permintaan yang Banyak

" Harga Minyak Menguat karena Permintaan yang Banyak "
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak kembali naik karena sedikitnya pasokan dan permintaan global yang kuat, Rabu, 17 Januari 2018. Meskipun beberapa analis memperingatkan koreksi ke bawah setelah kenaikan harga lebih dari 13 persen dalam sebulan.

Kenaikan harga didorong oleh hambatan produksi di negara-negara OPEC dan Rusia, serta pertumbuhan permintaan yang sehat.

Harga minyak mentah Brent berada di $ 69,35 pada 0124 GMT, naik 20 sen atau 0,3 persen, dari penutupan terakhir mereka. Brent pada hari Senin mencapai $ 70,37 per barel, tertinggi sejak Desember 2014, yang pada awal kemerosotan harga minyak tiga tahun.

Minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 63,93 per barel, naik 20 sen atau 0,3 persen, dari pemukiman terakhir mereka. WTI mencapai puncak Desember-2014 $ 64,89 per barel pada hari Selasa.

Dalam upaya untuk memperketat pasar dan menopang harga, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia mulai menahan produksi pada Januari tahun lalu, dan pemotongan tersebut diperkirakan akan berlanjut hingga 2018.

Dilansir dari laman reuters, pengekangan ini bertepatan dengan permintaan minyak dan pertumbuhan ekonomi yang sehat, mendorong kenaikan harga minyak mentah lebih dari 13 persen sejak awal Desember.

"Minyak tetap didukung oleh ekonomi yang solid dengan permintaan minyak yang kuat memperketat persediaan minyak global. Pasokan surplus tahun lalu perlahan lenyap, "kata Norbert Ruecker, kepala riset komoditas di bank Swiss Julius Baer.

"Stok minyak mentah AS turun sebesar 11,2 juta barel dalam minggu ini menjadi 5-6 Januari juta menjadi 416,6 juta barel," kata kelompok industri American Petroleum Institute, Selasa 16 Januari 2018.

"Setelah bertahun-tahun mengalami kelebihan pasokan, persediaannya berkontraksi jauh lebih cepat daripada yang diantisipasi pasar," kata Stephen Innes, kepala perdagangan untuk Asia / Pasifik di pialang berjangka Oanda di ... Baca halaman selanjutnya