HSBC Kucurkan $ 100 Juta untuk Penyelidikan Kecurangan Mata Uang di AS

"Pembayaran tersebut mencakup denda $ 63,1 juta dan $ 38,4 juta untuk restitusi klien perusahaan"
HSBC bayar $ 101,5 juta untuk menyelesaikan kecurangan transaksi mata uang. (Net)

KLIKPOSITIF - HSBC bayar $ 101,5 juta untuk menyelesaikan kecurangan transaksi mata uang.

"Pembayaran tersebut mencakup denda $ 63,1 juta dan $ 38,4 juta untuk restitusi klien perusahaan," menurut sebuah tuntutan yang diajukan di Pengadilan Negeri A.S. di Brooklyn, New York, Kamis (18/1).

HSBC sepakat memperkuat pengendalian internalnya, mengakui serta menerima tanggung jawab atas kesalahan yang mendasari dua tuntutan penipuan kawat kejudaan diajukan pada bank tersebut.

Perjanjian penuntutan yang ditangguhkan membiarkan perusahaan menghindari tuntutan pidana selama mereka mematuhi persyaratan.

Sanksi hari Kamis datang satu bulan setelah HSBC dibebaskan terkait dugaan hubungannya dengan kartel obat bius Meksiko dan pencucian uang lainnya, sehingga didenda $ 1,92 miliar dalam kasus itu.

Dilansir dari laman reuters, pada bulan Oktober, seorang juri federal di Brooklyn memvonis Mark Johnson, mantan kepala meja perdagangan valuta asing HSBC, dalam sebuah perdagangan dengan kerugian $ 3,5 miliar oleh kliennya Cairn Energy Plc (CNE.L).

Johnson belum dihukum. Stuart Scott, mantan kepala perdagangan tunai HSBC untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika, juga dikenai tuduhan dalam kasus tersebut dan telah melakukan ekstradisi.

HSBC setuju membayar Cairn $ 8.08 juta di bawah penyelesaian yang dicapai pada bulan Juli, dimana Departemen Kehakiman mengatakan bahwa hal itu dikreditkan sebagai restitusi penuh kepada perusahaan tersebut.

HSBC mengatakan bahwa denda $ 63,1 juta mengakibatkan penurunan kerjasama 15 persen dalam rangka perbaikan ekstensif.