Rakernas FSI-ISI 2018 Lahirkan Delapan Resolusi

"Resolusi yang kita lahirkan ditujukan kepada stakeholder yang membuat keputusan regulasi dalam bisnis persemenan di Indonesia"
FSI-ISI foto bersama disela-sela kongres (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP-ISI) menggelar Rakernas Tahun 2018, di Pangkep, Sulawesi Selatan. Pada Rakernas yang digelar selama tiga hari yang dimulai sejak 18 - 20 Januari itu, melahirkan delapan resolusi, yakni meminta pemerintah untuk makukan langkah-langkah strategis guna membantu industri semen nasional. 

Di antaranya, dengan menghentikan perizinan (moratorium) untuk pabrik semen baru selama kurun waktu 5 tahun mendatang. Mengoptimalkan penyerapan produk clinker fan semen domestik dengan menghentikan impor clinker dari luar negeti yang sampai saat ini masih terus terjadi.

Kemudian membatasi ekspor batu bara ke luar negeri untuk memberikan jaminan harga terjangkau bagi industri nasional, khusunya industri semen. Meminta pemerintah berlaku adil dalam mebgekuarkan perizinan bagi industri semen nasional yang sudah berjalan.

"Resolusi yang kita lahirkan ditujukan kepada stakeholder yang membuat keputusan regulasi dalam bisnis persemenan di Indonesia. Hal ini dipicu oleh persaingan pasar dan over suplai produksi Semen sampai 40 persen, kita ingin melindungi para karyawan dari sampah program effesiensi" kata Ketum FSP-ISI, Widjajadi disela-sela Rajernas, Sabtu (20/1/2018).

Selain resolusi, lanjutnya, dalam Rakenas ini, FSU-ISI juga mengevaluasi rencana kerja tahun 2017 dan memutuskan penunjukan Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) sebagai tuan rumah dan Panitia Pelaksana Untuk Kongres V FSP-ISI yang akan digelar Bulan Juli 2018.

"Kami Dewan Pengurus Nasional (DPN) Federasi mengucapkan banyak terima kasih kepada semua affiliasi yg telah hadir, terkhusus untuk Semen Tonasa dan SKST yang telah bersedia menjadi tuan rumah dan memfasilitasi kegiatan Rakernas ini" ujarnya.

Rakernas FSI-ISI yang di buka Direktur Utama Semen Tonasa, Subhan, itu dihadiri 10 Affiliasi, yaitu SPHLI Aceh, SPS Padang, SKS Baturaja, SP ITP Citeurep, SP ITP Cirebon, SP ITP Tarjun, ... Baca halaman selanjutnya