Dell Pertimbangkan Akuisisi untuk Pengembangan Perusahaan

Pembuat komputer AS, Dell Technologies Inc sedang menjajaki berbagai opsi untuk mengembangkan perusahaannya agar tumbuh lebih besar.
Pembuat komputer AS, Dell Technologies Inc sedang menjajaki berbagai opsi untuk mengembangkan perusahaannya agar tumbuh lebih besar. (Net)

KLIKPOSITIF - Pembuat komputer AS, Dell Technologies Inc sedang menjajaki berbagai opsi untuk mengembangkan perusahaannya agar tumbuh lebih besar. Pertimbangan itu kemungkinan akan dilakukan melalui akuisisi atau go public.

"Dewan direksi Dell akan bertemu akhir bulan ini mempertimbangkan goncangan terbesar dalam sejarah perusahaan sejak mengakuisisi penyedia penyimpanan data EMC Corp, seharga $ 67 miliar pada tahun 2016," kata sebuah sumber.

baca juga: Bisnis di Eropa Bekerja Lembur Pasca Karantina

Perusahaan yang berbasis di Round Rock, Texas, yang dipimpin oleh pendirinya Michael Dell, berada di bawah tekanan dalam meningkatkan profitabilitasnya setelah kesepakatan EMC gagal memberikan penghematan biaya dan kinerjanya yang diproyeksikan, sementara komponen biaya yang lebih tinggi dan pasar penyimpanan data yang menantang telah terkikis.

"Dell sedang meninjau daftar beberapa target akuisisi yang mungkin akan meningkatkan arus kas dan memperluas penawarannya," kata sumber tersebut.

baca juga: Activision Blizzard Akan Rilis Game Call of Duty Baru

Tinjauan Dell berada pada tahap awal dan tidak ada kesepakatan yang pasti untuk mendiskusikan pertimbangan tersebut. Perusahaan tidak menanggapi permintaan komentar di luar jam kerja reguler AS.

Dell juga mempertimbangkan penjualan atau initial public offering (IPO) dari salah satu divisi yang tumbuh pesat, Pivotal Software. Mereka mempertimbangkan transaksi dengan milik mayoritas VMware Inc, pembuat perangkat lunak virtualisasi. Saham VMware, yang telah menguat lebih dari 62 persen dalam 12 bulan terakhir, menyentuh level tertinggi sepanjang masa, Kamis (25/1).

baca juga: Update Catalina Baru, Ada Fitur Battery Health Management

Dilansir dari laman reuters, Dell, yang portofolio teknologinya mencakup server, display, workstation dan game PC, juga memiliki unit keamanan, RSA, dan platform awan yang disebut Boomi.

Pasar PC, yang oleh Michael Dell membantu membentuk Dell pada tahun 1984 sebagai mahasiswa baru pra-med dengan uang tabungan $ 1.000, tetap stagnan karena popularitas ponsel pintar dan tablet, menyusut 0,2 persen pada 2017, menurut Data Internasional Perusahaan.

baca juga: Berdampak Positif, Industri Farmasi Raup Untung Besar di Tengah Pandemi COVID-19

Titik terang dalam bisnis Dell adalah servernya, membantu total pendapatan bersihnya tumbuh menjadi $ 56,7 miliar dalam sembilan bulan sampai 3 November, dari $ 41,6 miliar di tahun sebelumnya. Namun, biaya operasional perusahaan melonjak dari $ 10 miliar menjadi $ 17,3 miliar, menyebabkan kerugian operasional sebesar $ 3 miliar, meningkat dari kerugian operasional sebesar 1,6 miliar dolar setahun lalu.

Penulis: Fitria Marlina