Menteri Susi Beri Asuransi Kapal dan Awak Jika Nelayan Mau Ganti Alat Tangkap

Alat tangkap cantrang
Alat tangkap cantrang (Istimewa)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjanji akan memberikan asuransi pada kapal tangkap ikan dan awaknya, jika bersedia mengganti cantrang sebagai alat tangkap.

Pemberian asuransi tersebut kata Susi bisa diwujudkan dengan kerjasama yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan BUMN dan perbankan.

"Nanti Jasindo mengasuransikan kapal itu, sekalian juga dengan ABK-nya. Jadi kalau kecelakaan, perbankan juga dapat ganti dari asuransi. Pemilik kapal tidak kehilangan kapalnya karena diasuransikan, dijaminkan. Kami akan dampingi," kata Susi.

Baca Juga

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan pendampingan restrukturisasi kredit jika terjadi kredit macet dalam jangka waktu 1 – 2 tahun.

Hal ini telah disepakati dengan beberapa perbankan seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, dan Bank Jateng.

Menurutnya, nelayan harus memahami jika alat tangkap cantrang tidak dapat dipakai terus menerus untuk menjaga keberlanjutan usaha perikanan dan ketersediaan sumber daya ikan bagi generasi mendatang.

"Kan sayang setiap kali nangkap, kapal 70 GT, 100 GT, (ikan) yang dibuangnya minimal 1 kuintal, 5 kuintal, kadang sampai 1 ton. Kalau Rembang saja ada lebih dari 200 kapal dikali dengan 200 kg saja, satu kali kapal buang, satu hari itu sudah 40 ton ikan rucah yang dibuang," papar bos maskapay Susi Air itu.

Ia menilai, lebih baik jika ikan tersebut ditangkap dengan alat yang tepat, pada ukuran yang tepat, dan dengan nilai yang tinggi.

Dengan demikian, tak hanya pemilik kapal cantrang, nelayan kecil dan tradisional pun dapat menikmati keuntungan yang lebih baik.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa | Editor: -