Alibaba, di Tengah Pertempuran Ritel Senilai $ 10 M

"Hal itu memaksa pedagang memilih pihak di tengah pertempuran pembeli dalam dunia digital"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Raksasa teknologi China, Alibaba Group Holding Ltd dan Tencent Holdings Ltd berada dalam pesta investasi ritel senilai senilai $ 1 triliun. Hal itu memaksa pedagang memilih pihak di tengah pertempuran pembeli dalam dunia digital

Sejak awal tahun lalu, kedua perusahaan menghabiskan lebih dari $ 10 miliar untuk transaksi yang berfokus pada ritel. Hal itu meningkatkan jangkauan mereka secara online dan di toko-toko batu bata dan mortir.

Dilansir dari laman reuters, dorongan agresif, didukung oleh tumpukan uang tunaibesar dan harga saham yang melonjak, merupakan bagian dari pertempuran untuk memenangkan konsumen dan operator toko terhadap pembayaran, logistik, media sosial, dan layanan data kedua perusahaan yang bersaing.

Hasilnya: semakin sedikit pengecer yang pergi tanpa kesetiaan kepada Tencent Alibaba. "Semua pengecer di dunia batu bata dan mortir sangat khawatir. Mereka harus berpihak, "kata Jason Yu, General Manager riset pasar Kantar Worldpanel dari Shanghai.

"Kalau tidak mereka takut akan dimakan hidup di masa depan," jelasnya. Alibaba merupakan pemain e-commerce top China dan afiliasinya, Ant Financial, memimpin pembayaran mobile. Kekuatan Tencent terletak pada media sosial, pembayaran digital dan game. Ini juga memiliki saham utama di pengecer online terbesar kedua, JD.Com ( JD.O ).

Tencent dan JD.com memiliki rentang sekutu yang berkembang, termasuk toko makanan Prancis Carrefour SA ( CARR.PA ), yang telah mengumumkan investasi potensial dari Tencent, dan raksasa ritel AS Walmart ( WMT.N ), yang memiliki saham di JD. com.

Tencent juga membeli saham di Yonghui Superstore Co Ltd ( 601933.SS ), peritel pakaian jadi Vipshop Holdings Ltd ( VIPS.N ) dan Heilan Home ( 600398.SS ), operator mal Wanda Commercial, dan bulan ini berhasil melakukan strategi tie-up dengan kelontong Bubugao.

Di sisi lain adalah Alibaba, yang telah menginvestasikan lebih banyak lagi di ... Baca halaman selanjutnya