Sri Mulyani: Nilai Dagang e-Commerce Masih Rendah

"Sri Mulyani mengkaji hal tersebut menggunakan data jumlah pengguna internet Indonesia"
Sri Mulyani (Kemenkeu)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai perdagangan dari layanan jasa dagang berbasis internet (e-commerce) masih sangat rendah.

Sri Mulyani mengkaji hal tersebut menggunakan data jumlah pengguna internet Indonesia yang katanya saat ini telah mencapai 100 juta pengguna.

Menurut catatan dia, nilai dagang e-commerce masih diangka 6-9%, jelas angka tersebut berbanding jauh dengan data pengguna internet.

"Kalau kita lihat dari GDP kita yang berhubungan dengan e-commerce atau digital economy atau kalau kita bicara dari sisi trading yang menggunakan e-commerce itu nilainya masih 6%-9%. So we come from very low base," katanya dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan.

Padahal menurut dia, perdagangan dengan layanan berbasis internet cukup berpotensi untuk terus dikembangkan di Indonesia.

Dengan begitu ia meminta agar masyarakat bisa memaksimalkan layanan yang berkembang saat ini untuk kesejahteraan.

"So, the only limit is our own imagination. Kalau opportunity sebegitu besar, the next adalah who can actually capitalize opportunity itu. Di sinilah letak public policy di Indonesia that will heavily focusing on how we can create an equal opportunity," pungkasnya.(*)