Amazon Akan Buka Pasar Bahan Makanan di Prancis

"kesepakatan Whole Foods menandai sebuah langkah baru dalam ambisi tersebut"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Raksasa e-commerce AS Amazon ( AMZN.O ) meluncurkan layanan pengiriman makanan di Perancis sebagai bagian dari ambisi global memperluas ritel makanan, meskipun langkah tersebut masih diragukan. 

Pembelian Whole Foods oleh Amazon di Amerika Serikat tahun lalu mendorong spekulasi bahwa pihaknya bisa menargetkan sektor makanan dan supermarket Eropa lainnya.

"(Makanan) adalah poros pengembangan yang kuat untuk Amazon sejak peluncuran penawaran Amazon Fresh di AS pada bulan September 2016," kata Frederic Duval kepada Journal du Dimanche.

Ia menambahkan bahwa kesepakatan Whole Foods menandai sebuah langkah baru dalam ambisi tersebut. "Kami sangat ingin meluncurkan layanan ini di Prancis, tapi semuanya akan memiliki waktu tersendiri untuk dilakukan," katanya.

Operator supermarket swasta Prancis Systeme U mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya sedang mendiskusikan kemungkinan kesepakatan kelontong dengan Amazon, meskipun kesepakatan utama antara Amazon dan peritel Prancis belum terwujud.

Amazon telah membuat forays kecil ke arah itu dan terus membangun kehadirannya di Prancis, di mana ia menjalankan layanan pengiriman perdana Amazon Prime Now di Paris sejak 2016.

Dilansir dari laman reueters, bulan lalu Amazon mengatakan akan menciptakan 2.000 pekerjaan baru di Prancis dan juga menyelesaikan perselisihan jangka panjang dengan otoritas pajak Prancis senilai 200 juta euro.

Dalam sebuah wawancara terpisah dengan Journal du Dimanche, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan Amazon disambut di Prancis karena prioritas mutlak bagi dirinya adalah menciptakan lapangan kerja, dan Amazon mewakili ribuan lapangan kerja itu.

Le Maire juga mengatakan bahwa kemitraan sedang dalam diskusi antara Amazon dan beberapa kelompok Prancis, terutama di sektor produk makanan dan bahwa pemerintah akan memastikan persaingan yang adil.