Menkeu Ingin LPJ Dana Desa Dibuat Sesederhana Mungkin

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana desa tahun 2018 dibuat sesederhana mungkin.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya melakukan itu, namun penyederhanaan laporan bukan berarti menghilangkan laporan.

baca juga: Ini Pesan Sri Mulyani untuk Pegawai Kemenkeu di Lebaran Idul Fitri

"Saya akan membuat format (laporan) yang mudah. Anda semua diberikan uang yang merupakan uang dari rakyat, makanya akuntabilitasnya harus dilaporkan untuk manfaat ke rakyat," katanya.

Ia menjelaskan, terkait dengan isu pemotongan dana desa , bahwa pihaknya akan mengupayakan sebisanya tidak ada pemotongan. Sebab jika dana tidak terserap dengan baik, maka efeknya akan langsung ke kerakyatan.

baca juga: Penyaluran BLT DD Capai 76 Persen

"Untuk dana desa esa saya berusaha untuk tidak memotong, tapi uang Rp1 miliar atau Rp3 miliar di desa kalau tidak terserap, saya sedih. Masa kita tidak bisa menggunakan uang, padahal rakyat kita butuh banget," ucap dia.

Terkait pengelolaan dana, ia berharap agar para kepala desa tetap menjaga tata kelola, supaya angka kemiskinan bisa menurun.

baca juga: Menkeu Targetkan Rp 42,64 triliun Dana Desa Tersalurkan Pada Semester I 2020

Berikut rincian dana desa menurut daerah Kabupaten dan kota di tahun anggaran 2018: klik disini .(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa