SE Kemenkeu Wajibkan Pemda Laporkan Keuangan dan Data PNS Secara Elektronik

"Penerbitan SE tersebut bertujuan untuk penyelenggaraan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Nasional"
Ilustrasi PNS (Korpri)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Keuangan menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait dengan pelaporan data jumlah Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD). Laporan ini berkaitan dengan penggajian dan tunjangan PNSD sebagai salah satu pertimbangan dari pemerintah pusat dalam perhitungan alokasi transfer ke daerah dan dana desa .

Penerbitan SE tersebut juga bertujuan untuk penyelenggaraan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Nasional. Bahwa dalam nformasi Keuangan Daerah (IKD) digunakan sebagai dasar dalam perumusan kebijakan dan pengendalian fiskal.

Dilansir dari laman resmi Dirtektorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, surat tersebut menjelaskan bahwa dibutuhkan Data Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) yang lengkap, akurat, terkini dan dapat dipertanggungjawabkan.

Data PNSD yang disampaikan oleh pemerintah daerah tersebut akan digunakan dalam perhitungan alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa terutama Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Non Fisik.

"Oleh karena itu, pemerintah daerah diwajibkan mengirim data sesuai aturan yang tercantum dalam Surat Edaran tentang Tata Cara Penyampaian Informasi Keuangan Daerah (IKD) Data Pegawai Negeri Sipil Daerah melalui SIKD (SE PNSD)," tulis Kemenkeu.

Sesuai dengan SE PNSD nomor SE-2/PK/2018, data PNSD disampaikan secara bulanan berupa softcopy Arsip Data Komputer (ADK) sesuai dengan elemen data yang tercantum dalam SE PNSD.

Data ADK yang dikirimkan adalah data dari aplikasi pengelolaan gaji yang digunakan oleh Pemerintah Daerah yang telah terintegrasi dengan aplikasi Agen SINERGI SIKD.

Sampai dengan saat ini, aplikasi pengelolaan gaji PNSD yang kompatibel dengan aplikasi sinergi SIKD adalah Aplikasi Simgaji Taspen.

Adapun penyampaian data PNSD dilakukan 2 (dua) kali dalam sebulan melalui aplikasi SIKD dilakukan melalui dua ketentuan.

Pertama, penyampaian detil ADK gaji dan tunjangan PNSD selambat-lambatnya pada tanggal ... Baca halaman selanjutnya