Pelanggan Berbayar Apple Music Capai 38 Juta

"Layanan musik streaming Apple Inc kini memiliki 38 juta pelanggan berbayar, naik dari 36 juta di bulan Februari"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Layanan musik streaming Apple Inc kini memiliki 38 juta pelanggan berbayar, naik dari 36 juta di bulan Februari, Senin (12/3).

Apple terkunci dalam perlombaan untuk pelanggan Amazon.com Inc, Alphabet Inc, Google dan lainnya karena musik streaming menjadi bentuk konsumsi musik berbayar yang dominan. Jumlah Apple dibandingkan dengan 71 juta pelanggan premium pada akhir 2017 di pemimpin industri Spotify, berencana untuk daftar saham dalam beberapa minggu mendatang di New York Stock Exchange di bawah simbol ticker SPOT.

Dilansir dari laman reuters,Amazon Music Unlimited memiliki 16 juta pelanggan berbayar, dan Pandora Media Inc memiliki 5,48 juta total pelanggan. Google tidak merilis nomor pelanggan berbayar untuk layanannya, Google Play Music.

Apple, Spotify, Google dan layanan lainnya mengenakan biaya $ 9,99 per bulan untuk musik. Amazon menawarkan layanannya kepada anggota yang telah membayar keanggotaan Prime, termasuk pengiriman, konten video dan tunjangan lainnya, seharga $ 7,99 per bulan.

Selain layanan berbayarnya, Spotify juga menawarkan versi yang didukung iklan gratis membantu menarik pengguna ke layanan. Apple Music tidak menawarkan versi berbasis iklan dan malah menggunakan uji coba gratis tiga bulan untuk menarik pelanggan.

Eddy Cue, wakil presiden perangkat lunak dan layanan internet mengatakan Apple memiliki 8 juta pelanggan saat ini dalam masa percobaan gratis.