Kemenperin: Industri Tekstil Berhasil Serap 3 Juta Lebih Tenaga Kerja

"Pertumbuhan industrik Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di Indonesia pada tahun 2017 lalu mencapai 3,45 persen"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Perindustrian mencatat, pertumbuhan industrik Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di Indonesia pada tahun 2017 lalu mencapai 3,45 persen.

Angka tersebut terbilang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu yang minus satu persen dari pencapaian tahun 2017.

Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan industri TPT berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Antara lain melalui penyerapan tenaga kerja sebanyak 3,58 juta orang atau menyumbang 21,2 persen dari total tenaga kerja industri manufaktur," katanya.

Selanjutnya, penghasil devisa negara yang signifikan dari nilai ekspor TPT sebesar USD12,59 miliar atau 10,1 persen dari total ekspor manufaktur tahun 2017.

"Industri TPT kita juga berkontribusi 1,07 persen terhadap PDB nasional, dan mencatatkan nilai investasi hingga Rp10,19 triliun pada tahun 2017," jelas Sigit.

Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, industri TPT merupakan salah satu sektor andalan karena berorientasi ekspor dan padat karya.

"Serta diprioritaskan dalam pengembangannya agar semakin berkinerja positif dan berdaya saing global," tutur dia.

Sigit menambahkan, industri TPT mulai memanfaatkan teknologi produksi terkini. Misalnya, di sektor hulu, proses pembuatan bahan baku yang dapat menciptakan serat generasi baru, seperti nano fiber untuk pakaian olahraga, serta bio fiber atau synthetic spider silk.

Pada sektor industri antara lain, mulai menggunakan multimaterial, dengan prosesnya yang dikendalikan dengan sistem sensor dan integrated grinding system.

"Sedangkan di sektor hilir, pada produksinya sudah dilakukan pembuatan prototipe secara cepat untuk desain khusus atau pengukuran dan pembuatan prototipe secara digital," pungkas Sigit.

Sementara itu, untuk perluasan pasar ekspor, penjualan dan jaringan pemasarannya ... Baca halaman selanjutnya