BI: 70 Persen Lembaga Pembayaran Sudah Terhubung GPN

"Saat ini hampir 100 persen sudah terkoneksi dengan satu lembaga switching"
Ilustrasi GPN (Bank Indonesia)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Bank Indonesia mencatata, saat ini sekitar 70 persen edisi lembaga pembayaran sudah terhubung dengan Gerbang Pembayaran Nasional.

Di sisi lain, Kepala Divisi Pengambangan GPN Departemen Elektronifikasi dan GPN, Bank Indonesia (BI), Aloysius Donanto H. W menyebutkan saat ini hampir 100 persen sudah terkoneksi dengan satu lembaga switching.

"Jadi pas Juni, mestinya selesai," katanya usai sosialisasi GPN Rabu, 14 Maret 2018, di Aula Nan Tongga BI Sumbar.

Ia menjelaskan, perkembangan terbarunya adalah Bank Indonesia telah menyetujui sebanyak 56 logo di sisi kartu, "Sementara yang lain masih berproses, dari 112. Sebenarnya sudah siap (untuk digunakan)," tambahnya.

Donanto juga mengklaim jaminan ketersediaan layanan transaksi melalui GPN rata-rata juga sudah 100 persen. Sebab, setiap edisi memang diwajibkan menyediakan dua edisi layanan untuk melakukan transaksi.

"Yang berdiri sendiri itu rata-rata sudah 100 persen. Sepanjang listrik atau layanan komunikasi tidak mati, maka bisa. Apalagi kewajiban yang terhubung dengan GPN kan dua lembaga," ucapnya.

Donanto berharap kehadiran GPN dapat mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, dan efisien serta andal dalam membangun ketahanan, pengembangan, dan meningkatkan daya saing.

"Sepanjang Bank itu penerbitan Indonesia, maka bisa bertransaksi. Harganya juga lebih murah. Karena datanya, prosesnya dalam negeri, maka keamanannya juga dijamin," pungkasnya.

[Cecep Jambak]