BI: Utang Luar Negeri Akhir Januari 2018 Terkendali

"ULN Indonesia pada akhir Januari 2018 tercatat sebesar 357,5 miliar dolar AS"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia yang terkendali pada akhir Januari 2018.  Menurut catatan, ULN Indonesia pada akhir Januari 2018 tercatat sebesar 357,5 miliar dolar AS.

Nominal tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral yakni sebesar 183,4 miliar dolar AS, serta utang swasta sebesar 174,2 miliar dolar AS. 

Dikutip dari situs BI, ULN Indonesia per akhir Januari 2018 tersebut tumbuh stabil sebesar 10,3% (yoy), sejalan dengan kebutuhan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur dan kegiatan produktif lainnya.

Perkembangan ULN pemerintah sejalan dengan kebijakan fiskal untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan kegiatan produktif dan investasi. 

Bank Indonesia menulis bahwa ULN pemerintah pada akhir Januari 2018 tercatat 180,2 miliar dolar AS yang terdiri dari SBN (SUN dan SBSN/Sukuk Negara) yang dimiliki oleh asing/non-residen sebesar 124,5 miliar dolar AS dan pinjaman kreditur asing sebesar 55,7 miliar dolar AS. 

ULN pemerintah tersebut diprioritaskan pemanfaatannya untuk kegiatan yang sifatnya produktif dan merupakan investasi dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan belanja tersebut antara lain berupa belanja infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial, serta untuk menunjang kemampuan membayar ULN tersebut. 

Sementara itu, ULN pemerintah jangka panjang pada Januari 2018 mencapai sekitar 98% dari total ULN pemerintah.

Sementara itu, biaya ULN Pemerintah saat ini sudah semakin rendah seiring dengan meningkatnya kepercayaan investor terhadap Indonesia yang didukung oleh membaiknya fundamental perekonomian dan peringkat utang Indonesia.(*)

Sumber: Kemenkeu