Importir Turki Jajaki Impor Kopi Langsung dari Indonesia

"​Dengan pengalaman berkecimpung di bisnis kopi selama 25 tahun dan jaringan kerjasama distribusi ke berbagai outlet kopi tersebar di Turki maka keberhasilan kerjasama dengan yang bersangkutan akan turut meningkatkan pangsa pasar kopi Indonesia di pasar Turki "
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak komunitas bisnis kopi di Turki yang tertarik dengan kopi Indonesia. Hal ini setidaknya terlihat dari tren peningkatan impor kopi asal Indonesia. Sayangnya sebagian besar kopi asal Indonesia masih didatangkan dari negara ketiga di Eropa.

Untuk itu, Fatih Topuz dari perusahaan Del Fiano, Istanbul-Turki memutuskan untuk berkunjung ke Indonesia pada 26-29 Maret 2018. Tujuannya adalah melihat berbagai biji kopi dan menjajaki peluang impor secara langsung. Selama ini yang bersangkutan mengimpor kopi Indonesia dari Jerman atau Belanda. Adapun kopi yang diminatinya adalah jenis arabica dan sedikit robusta dengan kualitas baik dan tentunya dengan harga bersaing.

Selama berada di Indonesia, Fatih Topuz melakukan serangkaian kunjungan ke perusahaan kopi yang ada di Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya. Di Jakarta Fatih melakukan pertemuan bisnis dengan produsen kopi yang tergabung dalam Komunitas Kopi Nusantara (Kopinusa) dan Koperasi Sekunder Masyarakat Pelindung Indikasi Geografi Arabika Flores Bajawa dilanjutkan dengan kunjungan ke perkebunan kopi Gunung Puntang Bandung pada keesokan harinya.

Dalam dua hari pertama kunjungan Fatih Topuz terkesan dengan sambutan dan presentasi biji kopi yang dilakukan Kopi Nusa serta Koperasi Sekunder. Yang bersangkutan memberikan apresiasi khusus terhadap kopi Flores yang sempat dicicipi pada sesi coffee cupping dan berjanji membicarakan peluang pemasarannya bersama rekan rekan komunitas kopi di Turki

Menurut rencana, Fatih Topuz masih akan melanjutkan pertemuan bisnisnya dengan perusahaan Coffindo di Medan dan dengan PTPN 12 di Surabaya masing-masing pada 28 dan 29 Maret sebelum kembali ke Turki.

​Dengan pengalaman berkecimpung di bisnis kopi selama 25 tahun dan jaringan kerjasama distribusi ke berbagai outlet kopi tersebar di Turki maka keberhasilan kerjasama dengan yang bersangkutan akan turut meningkatkan pangsa ... Baca halaman selanjutnya