Investor Amerika Serikat Bidik Pariwisata Sumatera Barat

"Mereka tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk jasa perhotelan dan resort"
Objek wisata surfing di Kepulauan Mentawai (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengungkapkan bahwa sejumlah investor dari Amerika Serikat mulai menampakkan ketertarikannya terhadap daerah itu, khususnya di sektor pariwisata.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya telah menerima informasi ketertarikan investasi tersebut melalui sebuah pesan elektronik.

Investor tersebut berasal dari Chicago, menurut dia, mereka tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk jasa perhotelan dan resort. Hal itu sebutnya, tentu sangat mendukung pengembangan pariwisata Sumbar.

"Mereka tertarik dengan Sumbar. Hal ini merupakan buah dari kunjungan Gubernur Sumbar ke Chicago beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengungkapkan, ketertarikan tersebut muncul setelah Pemprov Sumbar menjelaskan tentang Mentawai pada investor tersebut, khususnya penjelasan tentang olahraga surfing di kabupaten paling Barat Sumbar itu.

"Kebetulan mereka juga hobi surfing, dan setelah diberi penjelasan lengkap akhirnya mereka tertarik (untuk berinvestasi," jelas Maswar.

"Mereka tahu Mentawai letaknya di Indonesia. Tapi tidak tahu itu berada di wilayah Sumbar," papar dia.

Di sisi lain, ungkapnya, investor tersebut menilai Sumbar memiliki semua potensi yang cocok dengan pengembangan investasi mereka.

"Wisata yang disukai masyarakat Chicago, Amerika Serikat itu semua ada di Sumbar. Yakni, pulau, laut ataupun wisata alam. Bahkan, wisata kota tua," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]