Mali Lirik Sejumlah Potensi Kerjasama dengan Indonesia

"Impor kapas dari Mali ke Indonesia selama ini telah membawa surplus perdagangan bagi Mali"
Dubes Indonesia untuk Senegal, Mansyur Pangeran bersama Ketua Kadin Mali, Youssouf Bathily (Kedubes Indonesia untuk Senegal)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Mali, Youssouf Bathily, mengatakan bahwa pada tahun ini Pemerintah Mali berkeinginan kuat untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi dengan Indonesia.

Hal itu disampaikannya setelah menindaklanjuti hasil pertemuan antara Presiden Rebulik Mali, Ibrahim Boubacar Keita, dengan Dubes Indonesia untuk Senegal Mansyur Pangeran akhir pekan lalu.

Menurut catatan, impor kapas dari Mali ke Indonesia selama ini telah membawa surplus perdagangan bagi Mali dengan total nilai perdagangan antara kedua negara mencapai 31.980.900 Dolar AS pada tahun 2017.

Bathily menegaskan Pemerintah Mali telah menyiapkan lahan khusus seluas 1 juta hektar untuk kerja sama di bidang pertanian dan irigasi antara Indonesia dan Mali.

Ia juga mengatakan bahwa kerja sama di bidang pertambangan dan perminyakan juga terbuka lebar bagi Indonesia. Kemudian Pemerintah Mali saat ini memiliki deposit minyak sebesar 634.500 m3 yang siap untuk dikerjasamakan dengan Indonesia.

Dengan begitu, dalam rilis yang diterima KLIKPOSITIF, dari Kedutaan Besar Indonesia di Dakar-Senegal, Bathily menghendaki adanya sebuah payung hukum (MoU) untuk implementasi kerja sama tersebut yang diharapkan dapat ditandatangani.

"Selain itu, ia juga mengharapkan dapat dijembatani antara pihaknya dengan para pengusaha di Indonesia yang bergerak di bidang pembangunan perumahan," tulis Kedubes Indonesia dalam rilis tersebut.

Bathily mengungkapkan bahwa saat ini Mali elah menyiapkan program pembangunan perumahan sebanyak 440.000 rumah dengan nilai sebesar 140 miliar Dolar AS.

Ke depannya, Ketua Kadin Mali juga menginginkan didirikannya cabang Bank Indonesia di Mali untuk memudahkan transaksi pembayaran dari setiap transaksi kerja sama yang dilakukan antara Indonesia dan Mali.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Mansyur menyatakan akan mengupayakan semaksimal mungkin ... Baca halaman selanjutnya