Penyaluran Beras Sumbar ke Batam Tunggu PKS

"Rencananya selain beras, mereka juga berkeinginan cabe rawit dan jeruk Sumbar juga dapat mengisi pasar di Batam. Sebab komoditi tersebut cukup banyak diminati oleh masyarakat di Kota Batam"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF / Eko Fajri)

PADANG, KLIKPOSITIF - Beras Sumbar akan dikirim ke Batam sebagai wujud kerja sama kedua daerah tersebut. Saat ini beberapa gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang berada di bawah binaan Dinas Pangan Sumbar juga telah sepakat untuk menyiapkan beras sesuai dengan kebutuhan Batam.

"Payung hukum kerjasama dalam penyediaan bahan pangan antara Pemprov Sumbar dengan Pemko Batam telah disiapkan. Penyaluran beras yang menjadi prioritas kerjasama dan diupayakan dapat terlaksana dalam waktu dekat," sebut Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar, Heri Nofiardi, Sabtu, 7 April 2018 di Padang.

Namun, untuk penyaluran masih menunggu perjanjian kerja sama dan payung hukum. Draf kesepakatan yang nantinya sebagai payung hukum dalam kerjasama tersebut telah disampaikan Pemprov Sumbar ke Pemko Batam dan telah memasuki pembahasan akhir.

Dijelaskannya, dalam draf Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut tidak hanya diatur tentang kebutuhan beras, tapi juga sistem pembayaran dan penyaluran yang akan digunakan. Pengiriman beras ke Batam, tidak akan menggunakan transportasi darat, tapi dikirimkan menggunakan penerbangan langsung dari Padang ke Batam untuk mempercepat pengiriman, dan memperkecil biaya transportasi.

“Kalau menggunakan transportasi darat kemungkinan biaya transportasinya cukup besar. Untuk itu, saat ini Pemko Batam telah memasukan surat ke salah satu maskapai penerbangan untuk rute Batam-Padang untuk memberikan kompensasi dalam pengiriman beras dari Padang ke Batam, Sumbar juga akan memasukan surat agar biaya untuk pengiriman beras ini lebih murah,” ujarnya.

Heri Nofiardi menyebutkan telah dilakukan pembahasan rencana kerjasama daerah antara Pemprov Sumbar dengan Pemko Batam. Di bidang ... Baca halaman selanjutnya